Satu Rumah Nyaris Hanyut Usai Banjir Bandang di Desa Nyanggai

oleh -10 views

MELAWINEWS.COM, Melawi – Banjir Bandang melanda Desa Nyanggai, Sabtu (15/8) ternyata membuat satu rumah nyaris hanyut. Banjir yang membawa material lumpur ini juga sempat merendam puluhan rumah selama beberapa jam.

Tokoh muda setempat, Dedit mengungkapkan banjir terjadi akibat hujan yang turun sangat deras pada Sabtu (15/8) dini hari sehingga membuat Sungai Mangat meluap.

“Luapan sungai terjadi sekitar pukul 02.00 WIB kemudian merendam rumah penduduk, fasilitas umum hingga gereja di sana,” katanya.

Dedit menerangkan, banjir memang langsung surut saat itu. Namun, banyak rumah yang terendam lumpur. Bahkan satu rumah milik Rokman nyaris ambruk setelah terdampak longsor pada tebing sungai. Kondisi rumah tersebut kini miring dan tak bisa ditempati.

“Untuk sementara bantuan yang diterima baru berupa sembako saja. Tapi untuk rehab belum ada. Warga yang rumahnya rusak sementara tinggal bersama rumah warga lainnya,” katanya.

Warga setempat membersihkan gereja usai terendam banjir bandang

Luapan Sungai Mangat sendiri merendam banyak desa di Kecamatan Pinoh Selatan. Termasuk Desa Landau Garong dan Landau Tubun.