Yessy Melania Minta Polres Melawi Netral dan Profesional di Pilkada

oleh
Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi, beserta jajaran foto bersama dengan Yessy Melania dan Fraksi NasDem DPRD Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalbar 2, Yessy Melania, SE, melakukan kunjungan kerja reses kesiapan Pilkada Serentak tahun 2020 di Polres Melawi, Kamis (6/8/2020).

Dalam kunjungan kerja reses ini, Anggota DPR RI  dari Fraksi NasDem ini disambut oleh Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi berserta jajaran Polres Melawi di salah satu ruang pertemuan Mapolres setempat.

Kunjungan Yessy Melania, didampingi oleh Fraksi NasDem DPRD Melawi terdiri dari Widya Astuti, Supriyadi, Alexsius, dan Dafhet Sabjanoba.

Dalam Pertemuan tersebut Yessy Melania menekankan beberapa hal untuk Polres dan jajaran menyambut pilkada serentak dan tahapannya.

Yessy berharap, Pilkada berjalan optimal serta masyarakat sehat dan tidak terjangkit covid-19. Disamping itu, bagaimana peran Kepolisian dalam mengamankan Pilkada tahun 2020 mengedepankan protokol kesehatan serta mengantisipasi kerawanan kerawanan pada saat Pilkada.

Yessy mengungkapkan, mengunjungi Polres Melawi salah satunya karena Kabupaten Melawi adalah salah satu kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada serentak.

Menurut Yessy, Melawi masuk status zona merah rentan konflik pada pilkada nanti. “Jadi Kapolres dan Jajaran harus bersiap dan melakukan mitigasi guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Yessy.

Yessy Meminta Kapolres dan Jajaran memastikan antisipasi mulai dari tingkat kecamatan hingga TPS yang diindikasi rawan persoalan dan permasalahan, agar kejadian dilapangan bisa diantisipasi dengan baik.

Selain itu, Yessy juga mendorong, agar Polres Melawi dan Tim Cyber harus lebih masif bergerak dan bekerja melakukan patroli virtual.

“Melihat kondisi saat pandemi seperti sekarang ini, tentu ruang gerak kampanye tatap muka akan terkendala. Pilihannya ada pada kampanye virtual atau dimedia sosial. Untuk itu Polres Melawi dan Tim Cyber harus bertindak tegas apabila didapati berita, unggahan atau tulisan kampanye yang provokatif, hoax, dan menggiring ke perpecahan untuk bisa segera ditindak. Hal tersebut penting, guna menjaga kerukunan dan kondusifitas masyarakat,” sebut Yessy.

Terkait Penanganan Covid-19 dan Karhutla, lanjutnya,
Yessy mengapresiasi kinerja Polres Melawi yang terus bekerja keras dan sigap.

Dikesempatan itu, Yessy ingin memastikan Melawi yang kondusif, rukun, dan bahagia agar terus menjadi kabupaten yang terus maju. Yessy percaya, bahwa Polres Melawi dan jajaran bisa ikut berkontribusi dalam mewujudkannya.

Dikesempatan itu, Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi, menegasakan seluruh jajarannya bersikap netral dalam menyambut pesta demokrasi (Pilkada) Kabupaten Melawi 2020.

“Saya tegaskan, Polres Melawi netral dan tidak akan terlibat dalam politik praktis, karena undang-undang telah menyatakannya,” tegas Kapolres.

Kapolres menjelaskan, netralitas Polri di lingkungan Polres Melawi mengacu pasal 28 UU RI nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Di situ tertuang, dalam kehidupan politik, anggota Polri bersikap netral, tidak melibatkan diri dan tidak menggunakan hak untuk memilih dan dipilih,” tuturnya.

Selain netral, Tris menjelaskan pihaknya sudah merencanakan dan mempersiapkan semua bentuk pengamanan serta melibatkan pihak keamanan lainnya.

“Mari ciptakan pemilu yang damai, beda pilihan jangan digunakan untuk pemicu perpecahan,” tandasanya.