Berjalan Lancar Desa Baru Serahkan BLT Tahap III

oleh
Pj Kades Desa Baru Dini Marini menyerahkan Bantuan Langsung Tunai kepada penerima manfaat di kantor desa Rabu (8/7)

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH-Pemerintah Desa Baru kecamatan Nanga Pinoh membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap III kepada penerima manfaat pada Rabu (8/7).

Jika pembangian sebelumnya disalurkan langsung ke rumah-rumah penerima manfaat, maka pada kali ini penyalurannya dilaksanakan di kantor desa.

“Tujuannya supaya masyarakat tahu beginilah kondisi kantor desa Baru, jadi bapak ibu bisa menyaksikan langsung dan menginjakan kakinya ke kantor desa,” kata Pj Kepala Desa Baru Dini Marini saat memberikan pengarahan.

Kata Dini, beredar informasi di kalangan masyarakat bahwa BLT akan diperpanjang sampai tiga bulan kedepan, dengan nominal Rp 300 ribu. Namun hal ini belum jelas, apalagi dengan kondisi anggaran yang ada saat ini menurut Dini tidak cukup.

Sementara itu sekretaris kecamatan Nanga Pinoh Halma Trisno mengatakan, BLT yang diterima oleh masyarakat desa Baru kali ini adalah tahap ke III atau yang terakhir dengan nominal Rp 600 ribu, sedangkan untuk kedepannya pemerintah belum bisa memastikan.

“Kami ingin menyampaikan, bahwa sampai hari ini kami belum menerima aturan yang mengatur tentang pembagian BLT Lanjutan, artinya barang ini kami belum bisa memastikan kepada masyarakat seperti informasi yang bapak ibu dengar melalui berita, jadi kami tidak bisa sembarangan menyalurkan kalau tidak ada aturan yang jelas” katanya.

Halma mengatakan, tujuan pemerintah mendatangkan penerima BLT ke kantor desa adalah untuk mengkonfirmasi langsung berkenaan dengan BLT yang sudah diterima masyarakat, apakah sudah sesuai atau sebaliknya terjadi pemotongan.

“Ada yang dipotong dananya bapak-ibu, kalau ada silakan sampaikan kepada kami, mungkin ada yang salah hitung atau apa, tapi mudah-mudahan semuanya berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang tertera, jadi tidak ada masalah,” kata Sekcam.

Salah satu penerima manfaat yang alami cacat di desa Baru

Sementara itu Danramil Nanga Pinoh, Kapten Arm Iman Yulianto mengapresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh pemerintah Desa Baru. Karena penyaluran BLT bisa berjalan dengan aman dan lancar bahkan prosesnya juga lebih cepat.
“Di tempat lain ada yang baru tahap I namun di desa Baru sudah sampai Tahap III ini sangat luar biasa, dan semuanya dilaksanakan sesuai dengan prosedur,” kata Danramil.

Dia berharap masyarakat bisa memanfaatkan BLT dengan baik, jangan sampai untuk belanja keperluan yang tidak mendesak.

“Apa yang lebih dibutuhkan itu yang harus kita beli, jangan untuk beli HP dulu namun belinya kebutuhan pokok seperti beras dan sayur mayur,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekcam Nanga Pinoh Halma Trisno, PJ Kades Desa Baru Dini Marini, Danramil Nanga Pinoh Kapten ARM Iman Yulianto dan PD Nanga Pinoh Hutapiadi menyambangi langsung salah satu rumah penerima manfaat yang alami kecacatan. Mereka langsung menyerahkan BLT kepada penerima manfaat.

Senada Pendamping Desa Kecamatan Nanga Pinoh, M Hutapiadi mengungkapkan, bahwa Dana Desa Lanjutan belum bisa dipastikan. Sebab belum ada aturan yang menekankan bahwa pemerintah desa wajib menyalurkannya, apalagi jika dana yang akan disalurkan alami kekurangan. (***/ali)