BREAKING NEWS – Kios di Pasar Markasan Tiba-tiba Ambruk

oleh
Kondisi bangunan kios di pasar markasan mengalami kerusakan lantaran penurunan pondasi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Sebagian bangunan kios pasar tradisional pasar Markasan Kota Nanga Pinoh, Melawi, tiba-tiba mengalami ambruk, Rabu (22/4), sekitar pukul 18.00 WIB.

Bangunan kios ambruk yang tergolong baru bersumber dana alokasi khusus (DAK) tahun 2018 itu merupakan kios permanen berpintu besi tengah ditangani oleh petugas kepolisian dengan memasang garis polisi.

Informasi yang dihimpun tidak ada korban saat kejadian tersebut, lantaran kios sebanyak 8 pintu dan terisi 6 pintu itu para pemilik kios sudah tidak ada di kios.

Bangunan dengan kontruksi beton dengan cor gantung itu kini sebagian atap bangunan kios mengalami kerusakan dan penurunan lantai pondasi kios hingga lantai jalan bagian depan dan belakang juga mengalami keretakan.

“Kita belum tahu penyebabnya rentap bangunan ini. Namun, saya menduga penyebab rentap lantaran pondasi tanah tidak kuat menahan beban bangunan, sebab tanah pondasi ini awalnya rawa,” kata Albijani, satu pemilik kios yang amblas sebagai penjual nasi.

Albijani juga menduga, kemungkinan penyebab ambruk bangunan, lantaran tiang cornya tidak kandas sampai paling dasar tanah sehingga bangunan mengalami penurunan akibat kelebihan beban.

Mendengar kejadian tersebut, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Melawi, Ramdha Suhaimi langsung meninjau lokasi kejadian.

Ramdha mengatakan, belum mengetahui faktor penyebab terjadinya penurunan pondasi pada bangunan kios tersebut. “Nanti akan diinvestigasi penyebabnya,” ujar Ramdha.