Jalan Nasional Nanga Pinoh-Ella Terancam Putus, Mobil Kerap Nyungsep

oleh
Satu tirik badan ruas jalan Nanga Pinoh-Ella rusak parah, hingga kendaraan terpaksa nyungsep

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Jalan nasional yang berada di wilayah Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, yakni jalan lintas Nanga Pinoh-Ella semakin hari semakin parah terancam putus.

Bahkan akibat guyuran hujan disertai dengan beruntunnya truk bertonase besar milik perusahaan sawit dan milik pribadi warga lalu lalang dengan membawa TBS semakin mengakibatkan kerusakan jalan semakin parah.

Hingga kini, sepertinya belum ada upaya Pemerintah Pusat untuk memperbaiki jalan lintas tersebut, terkesan tutup mata. Padahal kondisi jalan lintas semakin hancur disejumlah titik badan jalan.

“Kerusakan jalan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena sangat mengancam keselamatan pengguna jalan khususnya malam hari. Untuk itu, Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten harus segera memperbaiki jalan ini,” kata satu warga pengguna jalan, Muqoyyim Alghorib, Senin (6/4).

Dikatakan, jalan ini menjadi salah satu urat nadi utama ekonomi yang menghubungkan kecamatan dan desa, khususnya di sebagian desa wilayah Kecamatan Nanga Pinoh, Kecamatan Ella Hilir dan Kecamatan Menukung hingga ke wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Sepanjang jalan tersebut beberapa titik badan jalan sudah berlobang dan hancur lebur. Tak jarang beberapa kendaraan terbenam di badan jalan yang rusak,” sesal Muqoyyim.

Menurutnya, angkutan truk TBS menjadi pemicu cepat terjadi kerusakan. Diperparah lagi kalau musim hujan, jalan yang semula hanya rusak ringan, kini makin rusak parah, lantaran tak ada upaya perbaikan.

“Bila tidak ditanggulangi atau diperbaiki secepatnya, jalan ini terancam putus. Kita berharap, pemerintah segera melakukan perbaikan, jika tidak, kerusakan jalan ini akan berbahaya bagi keselamatan pengguna jalan,” pungkasnya.