Relawan Tionghoa Lakukan Penyemprotan Disinfektan Cegah Covid-19

oleh
Satu relawan etnis Tionghoa Melawi saat menyemprot disinfektan di terminal antar bis Sidomulyo, Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) dan mengantisipasi kekhawatiran masyarakat menyikapi wabah virus corona, puluhan relawan masyarakat etnis Tionghoa di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, secara swadaya melakukan bhakti sosial menyemprot disinfektan ke beberapa tempat fasilitas umum, seperti rumah ibadah, terminal, sekolah dan fasilitas lain yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di Kota Nanga Pinoh.

Relawan etnis Tionghoa yang tergabung dalam lembaga Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) bekerja sama dengan Yayasan Mawar dan Badan Sosial Pemadam Bahaya Kebakaran (BS-PBK) Melawi itu, dilepas Bupati Melawi, Panji, di gedung BS-PBK Nanga Pinoh, Minggu (22/3/2020) pagi.

Turut hadir dikesempatan itu antara lain, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, dr Ahmad Jawahir, Ketua MABT Melawi, Taufik dan Ketua BS-PBK Melawi, Feby, dan sejumlah masyarakat etnis Tionghoa.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di Kota Nanga Pinoh khususnya. Disamping penyemprotan desinfektan, kami juga membagikan seribuan sabun cuci tangan gratis kepada masyarakat pejalan kaki, pengendara mobil dan sepeda motor di area Tugu Juang Nanga Pinoh,” kata Ketua BS-PBK Melawi, Feby, disela-sela bhakti sosial itu.

Terkait dengan anggaran di bhakti sosial ini, Feby mengungkapkan, merupakan dana hasil sumbangan dari berbagai warga Tionghoa di Nanga Pinoh, mulai dari sumbangan alat penyemprot (hand sprayer) 30 unit, bayclin, sabun dan sumbangan keperluan lainnya.

“Rangkaian kegiatan pencegahan ini kami lakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menghambat penyebaran virus corona serta melindungi masyarakat dari wabah ganas itu,” tegas Feby.

Ia berharap, langkah yang dilakukan pihaknya, di ikuti semua masyarakat lainnya yang ada di Melawi, sehingga penyebaran rantai virus corona bisa terputus.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji, di acara pelepasan itu mengimbau kepada seluruh masyarakat Melawi agar tetap waspada dalam menyikapi penyebaran Covid-19.

“Tetap tenang dan tidak panik serta terus melakukan tindakan nyata untuk mencegah penyebaran virus ini, salah satunya dengan cara membiasakan pola hidup sehat,” ujar Bupati.

Walaupun di Melawi belum ada yang positif terjangkit Covid-19, Panji mengapresiasi tindakan cepat yang diambil warga Tionghoa dan warga lainnya khususnya di Nanga Pinoh.

‚ÄúTerima kasih banyak kepada masyarakat yang telah ikut membantu pemerintah memerangi penyebaran wabah virus corona ini. Semoga kita di Melawi aman,” tuntas Panji.