Pilkades Serentak, 40 TPS Kategori Aman

oleh
Dengar pendapat Komisi I DPRD Melawi dengan Polres Melawi dan DPMD Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Untuk memberikan rasa aman, Polres Melawi menyiapkan pengamanan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Melawi yang akan diselenggarakan pada bulan April mendatang.

Hal itu dikatakan Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi, saat gelar dengar pendapat dengan Komisi I DPRD Melawi dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi di ruang rapat Komisi DPRD Melawi, Senin (24/2).

Kapolres menuturkan, sebanyak 195 personel akan disiagakan mengamankan Pillkades serentak di 111 desa yang melaksanakan Pilkades di Kabupaten Melawi.

Ia menjelaskan, dari 195 personel tersebut, melibatkan 97 anggota dari Polres Melawi dan 98 angota dari Polsek jajaran akan disebar di 410 tempat pemungutan suara (TPS).

Dikatakan, Polisi belum bisa disiagakan untuk pengamanan setiap TPS, lantaran Polres Melawi masih kekurangan personel yang saat ini hanya ada 355 personel.

Menurut Kapolres, dari 410 TPS yang tersebar di 111 desa yang melaksanakan Pilkades, bahwa tingkat aman ada di 40 TPS, sedangkan sisanya yang terkategori rawan akan diamankan dengan pembagian personel pada pola rawan 1, 2 dan 3.

Kapolres tidak merinci di daerah mana kategori rawan maupun sangat rawan yang menggelar Pilkades tersebut.

Kapolres mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah siap mensukseskan Pilkades itu dengan dukungan seluruh elemen masyarakat.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan pengamanan Pilkades, para personel pengamanan di setiap TPS akan bertindak netral.