Arpusda Fokus Penataan Arsip OPD Melawi

oleh
Dinas Arpusda melakukan penataan arsip

MELAWINEWS.COM, Melawi – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah(Arpusda) pada 2020 ini mulai memfokuskan penataan arsip. Penataan arsip menjadi hal yang penting agar terjaga otentik serta mudah ditemukan.

Kepala Dinas Arpusda Melawi, Paulus kepada Melawinews.com mengatakan penataan arsip dilakukan sebagai implementasi Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan dan Peraturan pemerintah nomor 28 Tahun 2012 tentang pelaksanaan kearsipan serta peraturan arsip nasional Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2019 tentang pengawasan kearsipan.

“Atas regulasi tersebut di Melawi dibentuk Tim Pembinaan dan Penataan Kearsipan di seluruh OPD Pemkab Melawi tahun 2020 demi terciptanya tertib arsip,” jelasnya.

Paulus melanjutkan, Tim Pembinaan dan Penataan Arsip juga melibatkan Sekda Melawi sebagai pengarah dalam kegiatan tersebut. Sedangkan untuk penanggungjawab kegiatan berada pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Melawi. Ia berharap melalui kegiatan tersebut diharapkan seluruh OPD agar dapat melakukan kegiatan penataan arsip sesuai dengan jadwal pembinaan dan penataan arsip yang sudah ditentukan

“Mempersiapkan tim atau tenaga penata arsip pada setiap OPD masing-masing serta mempersiapkan sarana prasarana berupa box arsip, rak arsip maupun ruangan penyimpanan arsip (record centre) yg berkaitan dengan penataan arsip,” terangnya.

Paulus menjelaskan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan agar arsip arsip Melawi mudah ditemukan kembali dan terjaga otentiknya sehingga tercipta Melawi tertib arsip.

“Penerapan penataan arsip diseluruh OPD sebagai implementasi dari Perbup nomor 33 tahun 2019 tentang pengelolaan arsip dinamis,” pungkasnya.