Pawai Lampion Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di Melawi

oleh
Aksesoris khas Imlek berukuran jumbo meriahkan pawai lampion Cap Go Meh di Kota Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Rangkaian acara perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2571/2020 di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, mendekati masa perayaan puncaknya.

Malam ini, Jumat (7/2), panitia Imlek dan Cap Go Meh 2571 yang terhimpun dalam organisasi kemasyarakatan Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Melawi menggelar pawai lampion dengan berbagai aksesoris khas Imlek dengan peserta pawai di ikuti kendaraan hias roda empat, roda dua dan berjalan kaki di kota Nanga Pinoh.

Kota Nanga Pinoh sendiri menjadi salah satu pusat penyelenggaraan perayaan imlek dan Cap Go Meh di Kalimantan Barat. Hal ini karena kota Nanga Pinoh menjadi salah satu daerah tempat tinggal etnis Tionghoa terbesar di Kalimantan Barat. Selain digelar juga di kota lain seperti Pontianak, Singkawang dan daerah-daerah lainnya.

Acara pawai dimulai pukul 19.30 WIB dengan rute keliling Kota Nanga Pinoh. Untuk rute pawai, seluruh peserta berkumpul terlebih dahulu di area Jalan Garuda dan kembali ke lokasi bazar kuliner Cap Go Meh di lapangan Perbasi Nanga Pinoh. Selain lampion, pawai ini juga dimeriahkan dengan atraksi marching band, naga dan barongsai.

Pawai lampion Cap Go Meh menjadi salah satu sajian rutin setiap tahun yang dilaksanakan MABT dalam rangkaian puncak perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Melawi.

Menurut salah satu Panitia Imlek dan Cap Go Meh 2571 Melawi, sekaligus Sekretaris MABT Melawi, Surya Driono Lay, menyatakan tahun ini peserta pawai lampion Cap Go Meh yang ikut berpartisipasi merupakan etnis Tionghoa saja.

“Ada 15 kendaraaan hias lampion peserta pawai dengan berbagai aksesoris lampion khas Imlek diantaranya, tikus jumbo, jeruk jumbo, lampion jumbo, kaisar dan permaisuri serta rombongan artis,” ujar Surya kepada media ini disela-sela pawai itu.

Pantauan MelawiNews.Com, seluruh lapisan masyarakat mendapatkan kebahagiaan dan hiburan tersendiri menyaksikan pawai lampion Cap Go Meh ini.

Salah satu warga menyebut, bahwa kegiatan pawai lampion setiap tahun ini selalu ramai. Terlebih, malam ini didukung cuaca lebih cerah.

“Antusiasme warga menyambut pawai lampion ini sudah ditunggu warga. Hanya sekali setahun kita menonton pawai lampu di dominasi warna merah itu. Terima kasih MABT Melawi,” kata Joko dilokasi pawai, Jumat (7/2) malam.