Antisipasi Pedagang Jualan di Tepi Jalan Markasan, Satpol PP Berjaga Dari Pagi hingga Sore

oleh

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan bersama Satpol PP, kepolisian dan Polisi Militer turun kembali ke Pasar Markasan Nanga Pinoh, Selasa (4/2). Kehadiran aparat gabungan untuk melakukan penertiban terhadap sejumlah pedagang yang masih enggan menempati lapak yang telah disediakan pemerintah.

Penertiban para pedagang ini dilakukan sejak pagi hari. Beberapa pedagang sayur terlihat masih juga berjualan di area parkir hingga badan jalan Markasan. Padahal, masih tersedia lapak kosong di dalam pasar.

Kepala Satpol PP Melawi, Aji Kuswara mengungkapkan penertiban yang dilakukan jajarannya memang sudah digelar beberapa kali. Pihaknya sendiri sudah menertibkan pedagang pada 15 Januari lalu.

“Penertiban berjalan dengan baik walaupun ada beberapa pedagang yang masih enggan untuk menempati lapaknya yang sudah tersedia, tapi setelah diberikan pengertian dan pemahaman akhirnya mereka mau juga untuk menempati lapak tersebut,” paparnya.

Aji mengatakan, dengan telah ditertibkannya semua pedagang dan tidak ada lagi yang berjualan di bawah atau di tepi jalan, kedepannya bisa menghilangkan kecemburuan sosial pedagang yang sudah menempati lapak.

“Sehingga pembeli tidak lagi enggan untuk membeli dagangannya keatas (kedalam pasar). Jadi rasa keadilan mudah-mudahan bisa mereka rasakan,” ujarnya.

Aji menegaskan, bila nantinya ada pedagang yang mencoba kembali turun ke jalan atau luar pasar, Satpol PP tetap akan bertindak tegas dengan mengembalikannya ke atas atau dagangannya disita dan dibawa ke kantor untuk diproses lebih lanjut.

“Langkah ini diambil manakala pedagang membandel untuk tetap turun. Termasuk jika ada pedagang yang datang dari luar serta pedagang yang sudah ditertibkan dan mendapat meja, kami tetap akan menyuruh mereka berjualan di atas,” jelasnya.

Dikatakan mantan Kabag Humas Setda Melawi, langkah yang dilakukan Satpol PP bersama instansi terkait dilakukan untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan ketertiban dalam berjual beli di Pasar Markasan. Pihaknya juga menerapkan jadwal jaga bagi Satpol PP di area pasar.

“Sebagai antisipasi dan menjaga ketertiban, Satpol PP berjaga setiap hari mulai dari pukul 04.00 dinihari sampai sore pukul 17.30 WIB,” katanya.