Polisi Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Pilkades dan Pilkada

oleh
tatap muka polres dan masyarakat Belimbing

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Kepolisian Resor (Polres) Melawi melalui Sat Binmas melaksanakan tatap muka dan bersilaturahmi dengan Para Kepala Desa beserta para Perangkatnya, tokoh agama dan masyarakat Kecamatan Belimbing dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Pilkades dan Pilkada Tahun 2020 di Wilayah Kabupaten Melawi. Kegiatan ini digelar di Aula Kantor Camat Belimbing, Selasa (21/1/2020).

Hadir dalam kegiatan ini, Kasat Binmas Polres Melawi AKP TP. Marbun beserta Anggotanya, PLT Camat Belimbing Abidin, S. Sos, Danramil Belimbing Pelda S. Widodo, Kapolsek Belimbing diwakili oleh Kanit Binmas Bripka Agreas Julian, A. Md, Komisioner Bawaslu Kabupaten Melawi Hamka, S. Sos, para Kades Sekecamatan Belimbing, Ketua BPD dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Belimbing dengan jumlah peserta berjumlah peserta 80 orang.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H melalui Kasat Binmas AKP TP. Marbun menjelaskan, kegiatan Tatap Muka dan Silaturahmi ini, merupakan agenda rutin Sat Binmas Polres Melawi dalam rangka menjalin kemitraan dengan seluruh elemen masyarakat.

“Bertatap muka langsung dengan seluruh elemen masyarakat saling bertukar pikiran dan informasi yang ada di Desa, maka pemeliharaan Kamtibmas dapat berjalan dengan baik. Melalui kegiatan ini juga, Polres Melawi lebih dekat dengan masyarakat dalam mendengarkan keluhan hinga saran terkait Kamtibmas,” ungkapnya.

“Ditahun 2020 ini, Kabupaten Melawi memiliki 2 agenda besar yaitu Pilkades bulan April 2020 dan Pilkada September 2020. Polres Melawi mengimbau agar seluruh elemen masyarakat dapat menjaga kondusifitas Kamtibmas terutama pada saat Pilkades dan Pilkada berlangsung, jangan sampai mudah diprovokasi dan dipecah belah kerukunan yang sudah terjalin dengan baik selama ini. Mari kita ciptakan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat baik yang ikut berkompetisi maupun masyarakat agar saling mendukung terciptanya Harkamtibmas yang kondusif di Desanya masing-masing,” pesan Marbun.

“Mengacu pada pelaksanaan Pemilu tahun 2019 yaitu Pileg dan Pilpres di kabupaten Melawi berjalan dengan aman dan kondusif. Begitu juga dengan Pilkades dan Pilkada tahun 2020 ini, semoga berjalan sama sesuaikan harapan masyarakat,” harapnya.

“Wujudkan Pilkades yang aman damai dan sejuk, untuk mencari pemimpin Desa yang jujur dan dapat membawa Desa lebih maju Kedepannya, silakan berkompetisi dengan baik tanpa membuat gangguan kamtibmas serta harus siap kalah dan mendukung yang menang,” imbau Kasat Binmas Polres Melawi.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Melawi Hamka, S. Sos menjelaskan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-undang. Dan membahas juga Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Sumber : Polres Melawi (Oktavianus)