Pertama di Melawi, Puskesmas Tiong Keranjik di Survei Re-Akreditasi Menuju Utama

oleh -193 views
Puskesmas Tiong Keranjik, Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi, dilakukan re-akreditasi oleh Laskesi, dihadiri Sekretaris Dinkes Melawi, Ahmad Darmawan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Puskesmas Tiong Keranjik, Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi, dilakukan re-akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (Laskesi). Re-akreditasi dilakukan selama 3 hari mulai 6–8 Oktober 2023 meliputi secara daring 1 hari dan luring 2 hari.

Sebelumnya Puskesmas Tiong Keranjik ini berada pada peringkat tingkat Madya dan setelah re-akreditasi tahun ini harapannya bisa naik menjadi Utama, kemudian Paripurna.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Melawi, Ahmad Darmawan, mengatakan, Puskesmas Tiong Keranjik menjadi survei re-akreditasi perdana menuju Utama dari 11 Puskesmas di Kabupaten Melawi, setelah pasca Covid-19.

Darmawan mengungkapkan, Puskesmas Tiong Keranjik yang sedang menjalani proses re-akreditasi sebagai peningkatan mutu pelayanan kesehatan hingga sudah memberikan pelayanan yang optimal.

Menurutnya, dengan dilakukannya proses re-akreditasi ini, mutu pelayanan di Puskesmas Tiong Keranjik semakin baik. Selain itu juga lintas sektornya memberikan dukungan penuh untuk peningkatan standar pelayanan kesehatan di Puskesmas.

“Harapannya Puskesmas Tiong Keranjik yang sedang dilakukan survei dari Madya menuju Utama membuahkan hasil yang baik, kemudian bisa dipertahankan untuk meraih Paripurna,” kata Ahmad Darmawan, Jumat (6/10).

Pada kesempatan itu, Darmawan menyampaikan bahwa peningkatan akreditas merupakan salah satu konsen utama Dinkes Melawi. Hal ini telah didorong beberapa tahun lalu. Namun, lantaran Covid-19 melanda daerah, baru bisa dilaksanakan tahun 2023.

Dari 11 Puskesmas di Kabupaten Melawi, lanjutnya, hingga tahun 2023 ini baru 3 Puskesmas kategori tingkat Dasar dan 8 Puskesmas tingkat Utama.

“Puskesmas tingkat Dasar yakni Puskesmas Kota Nanga Pinoh, Puskesmas Manggala Kecamatan Pinoh Selatan dan Puskesmas Pemuar Kecamatan Belimbing. Sedangkan 8 Puskesmas lainnya meraih peringkat Madya,” tuturnya.

Pihaknya berharap seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Melawi ditingkatkan akreditasinya, diantaranya Puskesmas yang sudah mendapat nilai Dasar menjadi Madya, dan Puskesmas Madya akan dijadikan Utama. Hal ini di kebut agar nantinya bisa meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Sekretaris Dinkes Melawi, Ahmad Darmawan
Dia mengakui, memang banyak persyaratan yang harus dilengkapi agar Puskesmas bisa memperbarui status tersebut. “Tingkat pelayanan juga menjadi hal yang penting,” ujarnya.

“Untuk mensukseskan kenaikan tingkat ini, sangat diharapkan kepada Kepala Puskesmas bersama tim kesehatannya bisa meningkatkan kinerjanya,” pungkasnya.