Profil Desa sebagai Dasar Perencanaan Pembangunan Desa Berkelanjutan

oleh -33 views
Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Melawi, Joko Wahyono, membuka kegiatan Penguatan Data Profil Desa Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023 di Melawi

Profil Desa sebagai Dasar Perencanaan Pembangunan Desa Berkelanjutan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melakukan penguatan data profil desa di Kabupaten Melawi 2023, sebagai dasar perencanaan pembangunan desa berkelanjutan.

Kepala Bidang Bina Pemerintah Desa DPMD Provinsi Kalimantan Barat, Fenny Rakhmawati, pihaknya saat ini melakukan pembianaan dan pengawasan terhadap Pemerintah Kabupaten Melawi.

‚ÄúSemoga kegiatan profil desa ini dapat dimanfaatkan untuk perencanaan pembangunan, data dasar, data riil dan data berjalan dalam perencanaan pembangunan desa serta sebagai acuan pengambilan keputusan,” ungkapnya.

Dia berharap kegiatan ini dapat memberikan penyegaran dan nantinya peserta yang hadir dapat memberikan ilmu dan informasi kepada masyarakat demi kemajuan desa.

Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Joko Wahyono, saat membuka kegiatan di Cafe H&C Nanga Pinoh, Senin (11/09/2023), mengatakan kegiatan ini sangat penting karena perencanaan pembangunan yang tepat dan terarah sangatlah tergantung pada data profil desa yang akurat dan valid.

Dia berharap profil desa dapat menggambarkan dengan jelas tentang kondisi nyata dan menyeluruh tentang kependudukan, kelembagaan, potensi serta tingkat perkembangan desa, karena ketersediaan profil desa juga mencerminkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.

Joko menghimbau agar setiap desa wajib menyiapkan serta menyajikan data atau informasi akurat serta akuntabel. Karena nantinya profil desa akan menjadi dasar perencanaan program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa /kelurahan, kecamatan, dan kabupaten.