Sembilan Kabupaten/Kota Ikuti Kejurda Panahan di Melawi

oleh -103 views
Widya Rima salah satu peserta saat bersiap melesakan anak panah ke target pada ajang Kejurda Panahan di Melawi pada Sabtu (3/9)

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Sebanyak 9 kabupaten/kota mengikuti Kejuaraan Daerah Panahan tingkat Provinsi Kalbar 2022 yang dilaksanakan di eks lapangan MTQ Desa Kenual, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Sabtu (3/9). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa.

Bupati Melawi dalam kesempatan itu mengucapkan ajang turnamen seperti ini dapat dijadikan momentum pembinaan mentalitas generasi muda sebagai upaya dalam membentuk karakter insan yang sehat dan memiliki semangat juang dan kebersamaan yang tinggi.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Pengcab Perpani Kabupaten Melawi yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Ini juga merupakan salah satu langkah strategis kita bersama dalam mengembangkan olahraga panahan di Kabupaten Melawi,” ungkapnya.

Bupati juga berharap kegiatan tersebut nantinya mampu menjadi pemantik bagi para atlet panahan untuk terus berprestasi, tidak hanya di tingkat lokal atau regional saja, tetapi juga di tingkat yang lebih tinggi.

“Saya berpesan agar para atlet panahan untuk tidak pantang menyerah dan terus mengasah diri, menekuni olahraga panahan sehingga dapat meraih prestasi terbaik,” ujarnya.

Ketua Pengcab Perpani Melawi Widya Rima mengungkapkan, sembilan kabupaten/kota yang ikut ambil bagian tersebut diantaranya Kabupaten Melawi, Sintang, Pontianak, Sanggau, Bengkayang, Singkawang, Sambas, Mempawah dan Landak.

“Untuk Kejurda dari sembilan kabupaten/kota ini jumlah pesertanya sebanyak 39 orang, sedangkan, untuk Melawi Archery Championship (MAC) III, pesertanya mencapai 140 orang,” kata Widya Rima.

Dikatakan Widya, pada Kejurda diperlombakan nomor horsebow kategori 40 meter dan 30 meter serta nomor 20 meter untuk anak-anak. Sedangkan diajang MAC III, diperlombakan nomor horsebow, barebow dan recurve putra putri.

“MAC III ini jadi ajang pemanasan bagi atlet panahan sebelum mengikuti Porprov Kalbar mendatang. Jadi peserta Kejurda nanti selain ikuti kejurda akan ikuti MAC III,” jelasnya.

Sementara itu ketua KONI Melawi Abang Baharudin mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengcab Perpani dengan mengadakan Kejurda Panahan di Melawi.

“Inilah ajang pertama kita untuk melihat prestasi dan mental atlet kita bertanding, harapan kita dari Melawi cabang panahan menyumbang medali di ajang Porprov November ini,” katanya.

Baharudin mengatakan, dengan kegiatan yang dilaksanakan tersebut Melawi akan menarget khusus paling tidak bisa merebut 15 sampai 20 medali dari cabang panahan ini, sebab di cabang panahan ini banyak kelasnya.

“Alhamdulillah support KONI kita selalu melakukan koordinasi baik dalam artian pendanaan dan komunikasi nanti kita lihat persiapan dari pemda terhadap anggaran untuk proses ini nanti kita bagi proporsional sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” katanya

“Potensi sangat luar biasa kalau untuk saat ini sudah kita lakukan pemetaan cabor-cabor yang dapat medali, pertama cabang panahan, kemudian cabang tinju cabang futsal dan masih banyak lagi cabang yang lainnya,” ungkapnya.

Dia menargetkan pada ajang Porprov nanti Melawi naik level, jika sebelumnya berada di posisi buncit mudah-mudahan bisa naik peringat minimal 3 atau 4.