Pemkab Melawi Kerahkan Alat Berat Atasi Longsor di Jalan Trans Kalimantan

oleh -274 views
Atasi bencana longsor di Jalan Trans Kalimantan, Pemkab Melawi bantu turunkan alat berat

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pemerintah Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, melalui Dinas PUPR mengerahkan peralatan alat berat untuk mengatasi bencana longsor di Jalan Trans Kalimantan di wilayah Dusun Engkabang, Desa Kalan, Kecamatan Ella Hilir, Sabtu (27/8).

Peristiwa bencana alam ini sendiri terjadi pada Rabu (24/8) diakibatkan hujan yang mengguyur wilayah itu beberapa hari terakhir, mengakibatkan satu jembatan roboh tergerus longsor.

Jalan poros nasional lintas provinsi menuju Kalteng ini, juga menghubungkan ke Desa Nanga Nyuruh, Nanga Kempangai, Kerangan Kora, Jabai dan Desa Penyuguk, Kecamatan Ella Hilir itu, hingga kini belum bisa dilalui kendaraan roda empat.

Menanggapi hal itu, Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, mengatakan, penanganan bencana alam ini harus segera ditangani dengan baik, sehingga bisa dilewati kendaraan roda empat.

Bupati menyampaikan, walaupun perbaikan jembatan ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat, namun, sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada warga, Pemkab Melawi memobilisasi alat berat untuk membersihkan material longsor dan mengatasi jembatan darurat, sehingga akses masyarakat bisa normal kembali.

“Untuk sementara, kami upayakan membantu untuk membersihkan material longsor dan membangun jembatan darurat dengan mengerahkan alat berat,” ujar Bupati Dadi, Sabtu (27/8).

Sebelumnya, Kamis (25/8), agar jalan tersebut bisa dilalui sementara oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki, personel dari Polsek Ella Hilir dan Koramil Ella Hilir bersama warga setempat bergotong royong membangun jembatan darurat menggunakan material kayu.