Pandemi Belum Berakhir, MABT Melawi Tiadakan Perayaan Kue Bulan

oleh -297 views
Ilustrasi kue bulan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Perayaan Kue Bulan yang biasa dirayakan oleh masyarakat Tionghoa khususnya di Kabupaten Melawi akan jatuh pada Selasa (21/9/2021).

Dalam perayaan ini, masyarakat Tionghoa biasanya menyemarakkannya dengan berbagai kegiatan, diantaranya festival memakan Kue Bulan.

Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Melawi, Taufik, menyampaikan, bahwa pada tahun ini pihaknya tidak menyelenggarakan perayaan Kue Bulan melalui festival, seperti yang dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya, lantaran daerah setempat masih dilanda pandemi Covid-19.

Taufik menerangkan, perayaan atau Festival Kue Bulan memang setiap tahun diadakan di Kabupaten Melawi. Namun, karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir, pihaknya dengan tegas meniadakan perayaan Kue Bulan ini, untuk mengantisipasi penyebaran pandemi.

“Jika dilaksanakan perayaan atau festival tentu berpotensi kerumunan orang, yang bisa memicu penyebaran Covid-19. Kita taat menjalankan protokol kesehatan, makanya perayaan Kue Bulan ini kami tiadakan. Semoga pandemi ini cepat berlalu,” ujar Taufik, Selasa (21/9/2021).

Setiap perayaan ini tahun-tahun sebelumnya, kata Taufik, memang pihaknya selalu menyelenggarakan festival dihibur dengan artis-artis ibukota Jakarta dan berbagai hiburan pendukung lainnya.

Wakil Ketua DPRD Melawi ini mengimbau, agar warga Tionghoa khususnya di Melawi merayakannya dirumah masing-masing dengan sederhana tanpa berkerumun untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Dijelaskan, dalam tradisi budaya Tionghoa, pada pertengahan musim gugur, keluarga dan kerabat akan berkumpul dan menikmati kue bulan bersama.

“Puncak dari festival ini jatuh pada bulan September tahun 2021, dimana bulan akan terlihat sempurna dan indah untuk dipandang sembari menikmati kue bulan,” pungkas legislator Partai Golkar itu.