Pemerintah Desa Domet Permai Sosialisasi dan Penguatan Kapasitas Pokja SDGs Desa

oleh -223 views

MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR – Dalam rangka Pemuktahiran Data IDM Berbasis SDGs Desa 2021, Pemerintah Desa Domet Permai, Kecamatan Ella Hilir, Melawi, mengadakan sosialisasi pengisian Kuesioner Desa dan Penguatan Kapasitas Pokja SDGs.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Desa Domet Permai, Senin (5/4/21). Hadir Dikesempatan tersebut antara lain Kepala Desa dan Perangkat Desa, BPD, PLD, Pokja, Polri dan sejumlah elemen masyarakat lain desa setempat. Sedangkan pemateri dilakoni seluruh pendamping desa kecamatan.

Ditemui usai kegiatan, Kepala Desa Domet Permai, Zulkarnain, mengharapkan, agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses sesuai dengan yang direncanakan, dimana pendataan ini dinilai sangat penting untuk masyarakat sebagai bentuk pemutakhiran data.

Zulkarnain juga mengatakan, melalui percepatan pemutakhiran data IDM ini, seluruh elemen yang terlibat memiliki komitmen bersama dalam mengisi IDM, sehingga hasil yang ingin dicapai yaitu adanya peningkatan status perkembangan desa.

Dia menjelaskan, bahwa SDGs Desa adalah salah satu konsep pembangunan yang bisa dijadikan untuk menggali, mengukur, mencari berbagai permasalahan yang ada di desa. Sehingga melalui SDGs ini bisa menjadi tolak ukur Pemerintah Desa Domet Permai dalam menggali informasi yang terjadi.

Lebih lanjut dikatakan, melalui sosialisasi pembekalan pengisian kuesioner desa untuk pendataan Pemuktahiran Data IDM Berbasis SDGs Desa ini, supaya data masyarakat itu benar-benar sesuai dengan keadaan desa, baik itu dari data kependudukan, sosial, budaya dan ekonomi.

“Diharapkan nantinya seluruh tim Pendataan SDGs Desa yang terlibat dapat melaksanakan alur tahapan pendataan berbasis Data Desa, Dusun, Kepala Keluarga dan Individu secara maksimal, agar didapatkan data yang akurat sebagai dasar bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan pembangunan prioritas dan berkelanjutan,” kata Zulkaenain.