Lintas Agama di Melawi Komit Jaga Kerukunan dan Toleransi

oleh -23 views
Pembacaan deklarasi komitmen bersama menjaga kerukunan dan tolerasnsi antar umat beragama

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Dalam rangka menjaga kerukunan antar umat beragama dan toleransi khususnya di Kabupaten Melawi, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PCGP) Ansor Kabupaten Melawi mengadakan acara silaturahmi di Sekretariat PCGP Ansor Melawi, kawasan Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan Nanga Pinoh, Sabtu (20/3).

Kegiatan dihadiri Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya UY, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto dan Dandim 1205 Sintang Lekol INF Eko Bintara Saktiawan.

Peserta silaturahmi ini menghadirkan dari berbagai unsur keagamaan di Kabupaten Melawi diantaranya adalah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan berbagai unsur masyarakat lainnya.

Ketua PCGP Ansor Melawi, Rusdiman, dalam sambutannya mengatakan sebagai warga Indonesia harus waspada terhadap pola-pola yang ingin memporak-porandakan negara tercinta.

Untuk itulah, pada kesempatan itu, GP Ansor Melawi mengajak pentingnya silaturahmi dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dalam bingkai NKRI, agar terciptanya perdamaian khususnya di Melawi.

Rusdiman menegaskan, pihaknya ingin bersama-sama antar organisasi masyarakat dan organisasi pemuda dengan aparat penegak hukum untuk mewujudkan keamanan dan kondusivitas kehidupan masyarakat di Melawi.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, menyampaikan apresiasi kepada PCGP Ansor Melawi sebagai ormas kepemudaan, melalui kegiatan silaturahmi lintas agama ini peran pemuda yang terus mengajak mempererat dan menjaga kerukunan kehidupan antar umat beragama di Kabupaten Melawi.

Dikatakan Kapolres, Kabupaten Melawi termasuk wilayah yang kondusif, oleh karena itu kebersamaan dan saling menghargai serta toleransi antar sesama pemeluk agama perlu terus ditingkatkan kepada semua masyarakat melalui momentum silaturahmi.

Ditempat yang sama, Dandim 1205 Sintang Letkol INF Eko Bintara Saktiawan mengatakan, dengan secara bersama mencipta kondisi kerukunan umat beragama di Kabupaten Melawi, maka suasana aman dan kondusif diharapkan tetap terjaga.

“Kita harus saling menghargai, saling mempercayai dan menjaga kerukunan kehidupan beragama di Kabupaten Melawi, sehingga tercipta suasana aman dan kondusif,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Melawi H. Dadi Sunarya UY, berkeyakinan melalui silaturahmi ini akan mampu membangun rasa persatuan, kebersamaan dan menguatkan tekad untuk memelihara keamanan dan kesatuan bangsa.

Bupati mengimbau kepada seluruh ormas yang ada di Melawi, agar berkomitmen menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

“Jangan sampai kita terpecah belah dengan termakan hasutan dan provokasi yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Kita semua adalah satu keluarga besar NKRI, yang berdasarkan Pancasila, UUD 45 dan Bhinneka Tunggal Ika,” pesan bupati.