9 Pegawai Positif Covid, Dinas Capil Ditutup

oleh
Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti, vaksinasi pertama Covid-19 di Kabupaten Melawi

MELAWINEWS. COM, NANGA PINOH-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Ahmad Jawahir mengungkapkan adanya peningkatan tajam kasus positif Covid-19 selama sepekan ini. Dari total kasus sebanyak 322 pada 16 Februari meningkat menjadi 364 kasus positif per 19 Februari.

“Peningkatan ini karena jumlah pemeriksaan semakin meningkat. Kita sekarang mengintensifkan swab massal. Bahkan sepekan terakhir lebih dari 200 sampel yang diperiksa,” ujarnya.

Ahmad menerangkan dengan adanya mesin RT PCR di Melawi membuat proses pemeriksaan juga lebih cepat. Dan Melawi tak harus lagi mengirim sampel swab ke provinsi seperti tahun lalu. Lebih banyak test swab juga diharapkan bisa mendeteksi tingkat penyebaran Covid-19 yang justru semakin tinggi di Indonesia, termasuk Melawi saat ini.

“Kemudian juga untuk operasi yustisi juga akan dilakukan swab ditempat. Untuk 50 pengunjung warkop yang di swab, hasilnya belum diperiksa, karena banyak petugas kita yang kewalahan sehingga sedikit melambat hasilnya,” jelasnya.

Tingginya kasus membuat pelayanan publik ikut terhambat. Salah satunya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang terpaksa tutup hingga pekan depan karena ditemukan sembilan kasus positif Covid-19 di instansi tersebut.