Dorong Keakuratan Data, BPS Melawi Gelar FGD

oleh -8 views
FGD Data Kabupaten Melawi yang digelar BPS sebagai persiapan publikasi Melawi Dalam Angka 2021

MELAWINEWS.COM, Melawi – Badan Pusat Statistis (BPS) Melawi menggelar Focus Grup Discussion (FGD) Data Kabupaten Melawi 2021di Kantor Bupati, Rabu (10/2). Kegiatan ini digelar untuk memastikan data akurat dalam publikasi buku Melawi Dalam Angka 2021.

Kepala BPS Melawi, Sugeng Junedi menerangkan FGD menjadi ajang untuk menyamakan persepsi serta konfirmasi dari data yang telah disampaikan oleh OPD sebelum diterbitkan dalam buku publikasi Melawi Dalam Angka 2021.

“Kami mengundang instansi Pemda Melawi, instansi vertikal, STKIP Melawi, hingga BUMN dan BUMD yang datanya ikut ditampilkan dalam Melawi Dalam Angka tersebut,” jelasnya.

Sugeng mengatakan, masukan dari instansi dalam FGD juga sangat bagus dan mendukung kegiatan penyusunan data Melawi dalam Angka. Banyak juga pertanyaan terkait indikator statistik yang dihasilkan BPS seperti indikator garis kemiskinan. Dalam FGD juga terungkap adanya beberapa data yang berbeda sehingga perlunya dilakukan konfirmasi kembali pada OPD yang menyajikan data tersebut.

“Kita konfirmasi data dari mereka. Karena yang memberikan data ada orangnya yang berbeda walau berasal dari dinas yang sama. Mungkin juga ada salah entri atau salah catat sehingga perlu ada konfirmasi,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji mengatakan data dan informasi statistik yang berkualitas merupakan rujukan bagi upaya perumusan kebijakan dalam menyusun perencanaan, melakukan pemantauan, dan mengevaluasi program-program agar sasaran-sasaran yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tepat.

“Dengan semakin meningkatnya kesadaran pengguna data baik oleh instansi pemerintah di tingkat pusat maupun daerah, dan juga dari kalangan akademisi, lembaga-lembaga penelitian, serta kalangan dunia usaha, permintaan data dan informasi statistik yang beragam, tepat waktu dan berkelanjutan juga terus meningkat,” katanya.

Berkaitan dengan tugas tersebut di atas, dikatakan Panji, BPS Kabupaten Melawi setiap tahun menyusun publikasi Kabupaten Melawi dalam Angka. Publikasi ini memberikan gambaran tentang pembangunan di Kabupaten Melawi dengan menyajikan data hasil pembangunan secara komprehensif dari berbagai bidang dan ulasan deskriptif tentang hal – hal yang penting dari bidang – bidang yang bersangkutan.

“Untuk itulah dengan adanya publikasi ini diharapkan kualitas penyusunan dokumen rencana pembangunan daerah baik RPJPD, RPJMD, Renstra–OPD, RKPD dan Renja- OPD pada tahun-tahun berikutnya dapat semakin meningkat, dan semakin baik sehingga akan tercipta konsistensi antar dokumen rencana pembangunan daerah,” ujarnya.

Panji melanjutkan, Melawi dalam Angka juga telah menjadi kebutuhan saat ini. Pemerintah tidak bisa membuat perencanaan pembangunan dan membangun program sosial kemasyarakatan yang tidak berangkat dari data. Karenanya ia meminta seluruh OPD terkait untuk berkontribusi maksimal dalam penyediaan data tersebut bersama BPS.

“Karena dari data ini kita bisa melihat dimana kelemahan, kemudian kita bisa lakukan evaluasi dan perencanaan. Kemudian membuat usulan prioritas khusus pada bidang-bidang yang ditemukan dari hasil data yang dikolaborasikan dari Melawi dalam Angka tersebut,” ujarnya.