Duta Genre Melawi Wakili Kalbar di Tingkat Nasional

oleh -2 views

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Kabar membanggakan datang dari Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kalimantan Barat Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat di hotel Ibis, Pontianak, Kamis (5/11/2020).

Nurul Oktaviani dari PIK Remaja Dirgantara, asal SMA Negeri 1 Pinoh Utara, Kabupaten Melawi, berhasil meraih juara 1 Puteri Duta Genre Kalimantan Barat Tahun 2020 pada pemilihan tersebut. Puteri kelahiran Nanga Pinoh, 08 Oktober 2003 ini juga mendapatkan penghargaan kategori program creator puteri.

Nurul merasa bersyukur karena mendapatkan pencapaian yang membanggakan pada pemilihan Duta Genre Kalimantan Barat. Menurutnya, menjadi pemenang adalah pilihan, namun yang terpenting adalah bagaimana kita setelah ini.

“Harapan saya, kita adalah anak muda yang memiliki mimpi besar. Untuk itu harus ada yang kamu lakukan. Kita muda, kita bergerak. Untuk masyarakat Melawi kita semua memiliki peran untuk perubahan besar,” ungkapnya.

Nurul Oktaviani keluar sebagai juara dengan motivasinya, “tumbuhlah bersama waktu, Kamu bagian dari cerita semesta, tetaplah tumbuh apapun kondisinya. Hidup cuma satu kali, hiduplah dengan berarti”.

Dia nantinya akan mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada tingkat nasional.

Kepala DP2KBP3A Melawi, Hj Marniyati mengatakan sebelum mengikuti Duta Genre Tingkat Provinsi, telah dilaksanakan seleksi Duta Genre Tingkat Kabupaten Melawi. Seleksi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan, pemberiaan akses informasi pendidikan konseling dan reproduksi.

Menurutnya, Program Generasi Berencana (Genre) diharapkan dapat menurunkan angkah nikah muda dan kehamilan di usia dini, serta dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan PIK Remaja sebagai wadah informasi pada teman sebaya.

Sementara itu, Pjs. Bupati Melawi, Dra. Hj Linda Purnama, M.Si merasa bangga dan sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih Nurul Oktaviani yang terpilih sebagai Duta Genre Kalimantan Barat Tahun 2020, dimana nantinya akan mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada Pemilihan Duta Genre Nasional.

“Masyarakat Kabupaten Melawi mendoakan semoga sukses mengharumkan nama Provinsi Kalimantan Barat, tentunya juga nama Kabupaten Melawi pada tingkat nasional,” ungkapnya.

Linda juga berharap Nurul akan menjadi contoh bagi remaja-remaja di Kabupaten Melawi khususnya untuk menjadi tumpuan dan harapan bangsa untuk membawa Indonesia menjadi generasi emas di masa yang akan datang. (HUMAS/FRZ)