Lawan Pandemi, Pangdam XII/Tpr Canangkan Satgas Desa Tangkal Covid-19 di Melawi

oleh -1 views

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Pjs Bupati Melawi, Linda Purnama, membuka kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pangdam XII Tanjungpura, bertempat di lapangan kuliner Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Senin (2/11/2020).

Pembukaan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 tersebut dirangkai dengan pembagian masker secara masif kepada masyarakat, termasuk kepada pengendara roda empat dan roda dua dikawasan lapangan kuliner.

Dalam sambutannya Linda Purnama mengucapkan terima kasih atas apa yang dilakukan oleh jajaran Pangdam XII Tanjungpura dengan melaksanakan kegiatan Pencanangan Desa Tangkal Covid-19 di Kabupaten Melawi.

“Pemda bersama Polri mendukung kegiatan ini. Saya atas nama Pemda Melawi selalu mendukung semua kegiatan dalam rangka melawan covid-19. Mari kita kampanyekan gerakkan lawan covid-19,” ujar Linda.

Dalam kesempatan tersebut Linda menyampaikan bahwa lonjakan kasus covid-19 di Melawi semakin meningkat.

RSUD Melawi juga menjadi tempat untuk merawat pasien covid-19. Linda juga mengajak semua pihak untuk bisa memberikan donasi berupa vitamin dan APD untuk penanganan covid-19 di Kabupaten Melawi.

Linda juga mengingatkan masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun serta meningkatkan imun tubuh dengan mengkonsumsi vitamin.

Hal senada disampaikan oleh Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto agar masyarakat selalu menerapkan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Pembagian masker
“Saya tidak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan 3M, yakni menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun, “ ujar Sigit.

Kapolres Melawi tersebut juga mengapresiasi dan mendukung kegiatan pencanganan Satgas Desa Tangkal Covid-19 yang diselenggarakan oleh TNI dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November.

Dandim Sintang dalam sambutannya yang diwakili oleh LO Dandim, Mayor Arh Eddy Winarno menyampaikan bahwa kegiatan Pencanagan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dilaksanakan secara serentak di Kodam XII Tanjungpura Se-Kalimantan Barat. Kegiatan tersebut merupakan visi percepatan Penanganan Covid-19 di Kalimantan Barat.

Diungkapkan, Koopsdam XII/Tpr selaku penanggung jawab pelaksanaan Satgas Covid-19 bersama seluruh komponen Masyarakat di wilayah Provinsi Kalbar dan Kalteng sudah melaksanakan beberapa langkah-langkah dalam menekan jumlah terkonfirmasi Covid-19 diantaranya dengan melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan, melaksanakan gerakan pendisiplinan di tiap-tiap wilayah, melaksanakan Lomba Desa Mandiri Sehat di wilayah Kalbar dan Lomba Desa Sehat di wilayah Kalteng.

“Berbagai kegiatan telah kita lakukan dalam pencegahan covid-19 seperti sosialisasi kepada masyarakat dan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan,” ujar Dandim.

Eddy menyampaikan Pelaksanaan pencanangan Satgas Desa Tangkal covid-19 merupakan upaya dalam rangka memutus penyebaran covid-19 baik di Kalimantan Barat dan juga Kalimantan Tengah yang merupakan wilayah Kodam XII Tanjungpura.

“Kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19 merupakan bagian dari pelaksanaan Bhakti TNI untuk menangani masalah sosial dan kemanusiaan, yang dilaksanakan bersifat fisik maupun non fisik,” terang Eddy.

Dalam kesempatan tersebut dibacakan amanah Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen Muhammad Nur Rahmad oleh Eddy selaku LO Kodim.