83 Calon Anggota Bintara Polri Jalani Tes Rikmin Awal

oleh
Calon Bintara Polri 2020 menjalani tes rikmin awal di Aula Tri Brata Mapolres Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Polres Melawi, Polda Kalbar, melaksanakan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri Tahun 2020 untuk Bintara bertempat di Aula Tri Brata Mapolres Melawi, Jumat (21/8/2020) mulai pukul 08.00 WIB.

Selain memeriksa berkas pendaftaran, petugas juga mengukur tinggi badan dan berat badan pendaftar.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H melalui Kabag Sumda Kompol Sofyan menuturkan Polres Melawi selaku Panitia Bantuan Penerimaan (Panbanrim) ditingkat Polres telah menerima berkas 83 pendaftar. “Para pendaftar ini sebelumnya telah mendaftar secara online dan verifikasi di Polres Melawi,” jelasnya.

“Tahapan rikmin awal masih di Polres Melawi. Saat ini panitia bantuan penerimaan di Polres Melawi melaksanakan Rikmin Awal berkas para pendaftar. Pemeriksaan meliputi kelengkapan berkas-berkas pendaftaran serta ukur tinggi badan dan berat badan masing-masing pendaftar,” paparnya.

“Karena dalam masa pandemi Covid-19, peserta juga diwajibkan mengikuti rapid test (bebas Covid-19) dan melampirkan bukti telah melaksanakan rapid test di Rumah Sakit, Puskesmas dan Labkesda di Kabupaten Melawi ini,” ungkapnya.

Dalam pemeriksaan ini, melibatkan tim internal dan eksternal. Tim eksternal berasal dari Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Melawi dan Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi, Sedangkan tim internal dari jajaran Polres Melawi yaitu Bag Sumda, Si Propam dan Siwas.

Kabag Sumda juga menambahkan bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri ini menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis).

“Untuk transparansi, hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka pada hari Minggu tanggal 23 Agustus 2020, masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya,” tuturnya.

Setelah lolos seleksi administrasi awal di Polres Melawi, para pendaftar akan mengikuti tahap seleksi berikutnya di tingkat Polda Kalbar.

Ia juga mengimbau kepada para pendaftar agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri.

“Belajar yang baik, persiapkan fisik dan juga mental yang baik, percayakan pada kemampuan diri sendiri. Itu yang terpenting,” tegasnya.

“Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apapun. Masuk Polri tidak dipungut biaya alias gratis,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, Polres Melawi menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari Panbanrim menggunakan APD secara lengkap, Peserta diwajibkan mencuci tangan, menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, penyemprotan cairan antiseptik dan penggunaan hand sanitizer.

Penulis : Oktavianus/Polres Melawi