Taufik Nakhodai Pokdar Kamtibmas Polres Melawi

oleh
Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana dan Kasat Binmas Iptu Haryono bersama sejumlah personel Sat Binmas dengan sejumlah pengurus ormas foto bersama usai gelar pembentukan Pokdar Kamtibmas di ruang Tri Brata Mapolres Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Melawi resmi membentuk Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) periode 2020-2025, Selasa (11/8/2020), bertempat di ruang Tri Brata Mapolres setempat.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Melawi, Kompol Agus Mulyana, didampingi Kasat Binmas, Iptu Haryono, serta dihadiri oleh sejumlah pengurus organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kabupaten Melawi, diantaranya Forum Pemuda Dayak (FOPAD), Majelis Adat Budaya Melayu (MABM), Dewan Adat Dayak (DAD), Paguyuban Jawa, dan sejumlah ormas lainnya.

Adapun struktur susunan kepengurusan dari Pokdar Kamtibmas tingkat Kabupaten Melawi itu berasal dari anggota Polres Melawi dan masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, terpilih secara voting sebagai Ketua Pokdar Kamtibmas tingkat Kabupaten Melawi adalah Taufik. Taufik merupakan Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Melawi.

Sedangkan Sekretaris Bahrum Sirait dan Bendahara Feby. Bahrum Sirait merupakan Sekretaris di Ikatan Batak Muslim dan Forum Komunikasi Masyatakat Batak dan Feby menjabat Ketua Badan Sosial Pemadam Bahaya Kebakaran (BSPBK). Kepengurusan juga didukung struktur sub-sub kerja lainnya.

Wakapolres Kompol Agus Mulyana berharap agar Pokdar Kamtibmas yang telah terbentuk bisa membantu dan mendampingi Kepolisian dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di lingkungan masing-masing.

“Kami sangat berharap, agar masyarakat bisa mendampingi kami dalam hal menjaga Kamtibmas seperti konflik sosial. Kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan bapak ibu sekalian,” ujar Wakapolres.

Wakapolres menjelaskan, Pokdar Kamtibmas merupakan kelompok masyarakat yang menjadi mitra secara suka rela dengan Polisi untuk melakukan kegiatan bersama dengan tujuan menanggulangi gangguan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Melawi.

Adapu tugas-tugas anggota Pokdar Kamtibmas, lanjut Wakapolres, adalah memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya dan mampu mengajak masyarakat untuk mentaati aturan.

Kasat Binmas Polres Melawi, Iptu Haryono, menambahkan, bahwa peran anggota Pokdar Kamtibmas diantaranya sebagai sumber informasi bagi Polisi dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

Ia juga menuturkan, bahwa dengan dibentuknya Pokdar Kamtibmas di semua tingkatan wilayah Kabupaten Melawi nantinya, diharapkan daerah Melawi menjadi wilayah yang aman dan bebas dari segala bentuk pelanggaran Kamtibmas.

“Pokdar Kamtibmas ini juga akan dibentuk di tingkat kecamatan. Pungukuhan dan pelantikan struktur yang telah terbentuk di tingkat kabupaten, rencananya akan dilaksanakan bulan September mendatang,” kata Iptu Haryono.

Ditempat yang sama, Ketua terpilih Pokdar Kamtibmas Melawi, Taufik, berjanji siap bekerja dan membantu pihak kepolisian dalam hal menjaga dan memediasi masalah-masalah Kamtibmas yang terjadi di daerah itu.

Taufik, selaku Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Melawi itu mengapresiasi terhadap kinerja Polri dan berterima kasih kepada Polres Melawi yang menjadikan masyarakat sebagai mitra dalam membangun Kamtibmas.