Desa Baru Sarlurkan BLT DD Langsung ke Penerima Manfaat

oleh
Tim Gugus Tugas foto bersama dengan penerima Manfaat BLT DD

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH-Pemerintah Desa Baru Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada 108 Kepala Keluarga penerima manfaat pada Senin (8/6).

Penyaluran BLT tersebut dipimpin langsung oleh Pj Kepala Desa Baru Dini Marini, dihadiri oleh Sekcam Nanga Pinoh, Halma Trisno, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Anggota BPD, Kadus, RT dan tim covid 19 desa Baru.

Pj Kepala Desa Baru Dini Marini, menyampaikan, sebelum BLT dibagikan, pihaknya bersama tim gugus tugas sudah melalui berbagai tahapan, mulai dari pendataan di tingkat RT, kemudian di tingkat dusun dan sampai ke tingkat desa. Setelah itu tim gugus tugas melakukan verifikasi langsung ke lapangan guna memastikan calon penerima manfaat benar-benar orang yang tepat.

“Setelah itu data yang masuk dan sudah diverifikasi disepakati melalui musyawarah desa khusus (musdessus) untuk menetapkan calon penerima manfaat ini, dari hasil kesepakatan itu penerima manfaat sebanyak 108 Kepala Keluarga,” kata Dini.

Dini menyampaikan, memang tidak mudah untuk menentukan calon penerima BLT ini, membutuhkan proses yang Panjang dan penuh hambatan. Namun dia bersyukur semuanya bisa dilalui dengan baik dan masyarakatpun dapat menerimanya dengan lapang dada.

“Kita ambil hikmahnya saja, dan yang jelas kami berusaha untuk transparan dalam penyaluran BLT ini, tidak ada yang ditutupi, kalau ada unek-unek silakan sampaikan, “ katanya.

Sekcam Nanga Pinoh Halma Trisno memberikan apresiasi kepada tim gugus tugas yang sudah bekerja keras untuk proses penyaluran BLT DD. Dia bersuyukur berbagai hambatan dan tantangan dapat dilalui sehingga pada akhirnya BLT di desa Baru bisa disalurkan.

Penyaluran BLT DD kepada penerima Manfaat di Desa Baru pada Senin (8/6)

“Karena saya juga dari awal sampai akhir ikut memantau perkembangannya, jadi tahu persis, namun alhamdulillah semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar sampai pada hari ini,” katanya.

Hal yang perlu diketahui kata Sekcam, bahwa BLT DD yang akan disalurkan kepada masyarakat ini sebanyaki Rp 1,8 juta yang disalurkan dalam tiga tahap, dimana setiap tahapnya dana yang disalurkan adalah sebanyak Rp 600 ribu.

“Kita berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, terutama untuk kebutuhan yang mendesak, sebab di tengah pandemic seperti sekarang ini ekonomi memang sedang sulit,” katanya.

Pendamping Desa Nanga Pinoh Hutapiadi mengatakan, penyaluran BLT DD di desa Baru kali ini diyakini sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Sebab beberapa tahapan sudah dilalui, dan dia berharap warga yang menerima Manfaat inipun orang yang tepat.

“Sebab rumah penerima manfaat ini nantinya akan ditempel stiker khusus, jadi jangan sampai ada warga yang mau menerima duitnya namun begitu rumahnya ditempel stiker tidak mau,” katanya