Bupati Minta Perbaikan Jalan Nanga Pinoh-Ella Hilir Dituntaskan

oleh
Bupati Melawi, Panji, saat meninjau perbaikan jalan Nanga Pinoh-Ella Hilir

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Bupati Melawi, Panji, meninjau perbaikan ruas jalan Nanga Pinoh-Ella Hilir, Sabtu (9/5).

Tinjauan tersebut, guna memastikan proses pengerjaan perbaikan jalan berlangsung baik dan tidak asal-asalan serta melihat kesiapan komitmen pihak perusahaan yang berinvestasi di Melawi.

Kerusakan jalan yang terjadi dibeberapa titik itu sebelumnya Bupati Melawi meminta pihak perusahaan swasta yang berinvestasi di Melawi, seperti perusahaan kelapa sawit dan perusahaan kayu untuk memperbaiki secara bergotong royong dengan Pemkab Melawi.

Panji menuturkan, bahwa peninjauan ini sekaligus  melihat langsung komitmen dari masing masing perusahaan, misalnya apakah menurunkan alat berat dan dump truk serta komitmen bentuk lainnya.

“Setiap hari itu harus dicek. datang ndak ke lapangan pihak-pihak perusahaan seperti komitmen awal,” kata Panji, Minggu (10/5) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi.

Panji meminta camat, sebagai pengawas umum di perbaikan jalan ini untuk memonitor komitmen masing-masing pihak perusahaan, apakah sudah bekerja sesuai kesepakatan bersama.

Menurut Panji, komitmen bantuan pihak perusahaan memang sudah turun, cuma masih ada yang belum sesuai dengan apa yang disepakati sebelumnya.

Dikatakan, setidaknya ada dua atau tiga titik kerusakan jalan yang sudah selesai dikerjakan dan hasilnya sangat sangat baik.

Ia menjelaskan, sebelum dilakukan penimbunan, lokasi kerusakan dikeruk dulu untuk membuang tanah lembek, kemudian kembali di isi dengan material tanah bercampur batu, agar kekuatan badan jalan bisa bertahan lama dan tidak mudah becek atau berlumpur.

“Masih ada dua titik sama sekali belum disentuh. Dan ada satu titik sedang dikerjakan sekarang. Kebetulan cuaca mendukung, jadi saya lihat hasil kerjanya bagus,” ujarnya.

Untuk ke depan, dirinya melihat ruas jalan itu perlu dibangun berupa gorong-gorong atau drainase. Agar kondisi jalan bisa lebih tahan lama dan tidak mudah hancur akibat genangan air.

“Kerjakan dengan baik, gunakan material yang mempunyai kualitas baik yang sesuai standar. Sehingga hasilnya baik dan bisa bertahan lama,” ujarnya.

Panji berharap, peran dan partisipasi semua pihak untuk menyelesaikan perbaikan jalan dengan tuntas. Sehingga pemerintah ke depan tinggal meningkatkan saja. Apakah nanti dari kabupaten dari provinsi ataupun dari pusat.