Warga Keluhkan Pemadaman Bergilir di Kotabaru

oleh
Petugas Posko Covid-19 Kotabaru terpaksa harus bekerja dengan penerangan seadanya akibat pemadaman bergilir oleh PLN

MELAWINEWS.COM, Melawi – Menyambut datangnya Ramadan, pelayanan PLN di wilayah Kecamatan Tanah Pinoh dan sekitarnya justru tak maksimal. Pemadaman bergilir terjadi dalam sepekan ini. Listrik padam hingga berjam-jam dan mengganggu aktivitas masyarakat setempat.

Hal ini dikeluhkan langsung oleh Kepala Puskesmas Kotabaru, Ahmad Darmawan, Minggu (26/4) melalui pesan singkat. Ia mengungkapkan pemadaman bergilir oleh PLN terjadi setiap harinya.

“Saat ini hampir setiap hari terjadi pemadaman bergilir di Kotabaru (kecamatan Tanah Pinoh). Setiap daerah kebagian pemadaman dengan durasi waktu yang sangat lama,” katanya.

Padahal, lanjut pemuda yang akrab disapa Wawan ini, saat ini masyarakat sangatlah membutuhkan penerangan listrik utamanya pada bulan puasa ini. Akibat pemadaman bergilir membuat masyarakat menjadi resah dan sangat terganggu.

“Pemadaman terjadi dua kali dalam sehari. Yakni dari jam 08.00 WIB sampai Jam 15.00 WIB. Ada juga yang kena pemadaman dari jam 15.00 WIB sampai jam 23.00 WIB,” ungkapnya.

Wawan menerangkan pemadaman ini jelas merugikan masyarakat sehari-hari. Apalagi banyak pelaku usaha seperti toko maupun minimarket terpaksa harus menyalakan genset untuk penerangan di malam hari. Masyarakat pun tak jarang harus berbuka atau shalat dalam kondisi gelap gulita.

“Sementara pelayanan publik seperti puskesmas maupun kantor kecamatan dan Polsek pastinya ikut terganggu. Karena listrik padam tepat di jam-jam kerja,” ucapnya.

Terkait penyebab pemadaman bergilir, Wawan memaparkan pihaknya mendapat informasi adanya mesin pembangkit yang rusak di Kotabaru. Yang jadi persoalan hingga seminggu ini apakah tak ada upaya perbaikan sehingga mesin pembangkit tak juga selesai diperbaiki.

“Kapan akan berakhir pemadaman bergilir ini kita tak tahu. Apalagi bicara pemadaman bergilir kerap terjadi hampir setiap tahun di bulan Ramadan,” keluhnya.