Pencegahan Covid-19 Jadi Fokus Operasi Keselamatan Kapuas

oleh
Foto bersama jajaran Polres Melawi yang bersiap menggelar Operasi Keselamatan Kapuas 2020

MELAWINEWS.COM, Melawi – Pandemi Corona atau Covid-19 yang semakin merebak membuat jajaran kepolisian pun semakin gencar memberikan imbauan pada masyarakat. Salah satunya dalam Operasi Keselamatan yang dimulai sejak 6 April hingga 19 April atau 14 hari kedepan. Tak cuma imbauan terkait keselamatan berlalu lintas, tapi juga bagaimana masyarakat dapat ikut berperan mencegah wabah Covid-19 semakin meluas.

Kasat Lantas Polres Melawi, AKP Aang Permana mengungkapkan Operasi bersandi Keselamatan Kapuas 2020 memang digelar sedikit berbeda di bandingkan tahun-tahun sebelumnya. Polisi lalu lintas, lanjut Aang, tak cuma mengingatkan masyarakat agar patuh dalam berlalu lintas, tapi juga dengan wabah Covid-19 yang semakin meningkat membuat kepolisian juga menggencarkan imbauan terkait pencegahan wabah tersebut.

“Sasaran operasi ini, selain tetap mengimbau masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas serta mencegah pelanggaran dan mengurangi kecelakaan, juga diiringi dengan imbauan pencegahan Covid-19,” katanya.

Yang ditekankan dalam Operasi Keselamatan, lanjut Aang  yakni bagaimana meningkatkan simpatik masyarakat pada Polantas dalam cipta kondisi pencegahan Covid-19 menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang. Karenanya selama 14 hari, digelar kegiatan preemtif dan preventif mulai dari keselamatan berlalu lintas serta pencegahan penyebaran Covid-19.

“Salah satunya misalnya yang saat ini sering disampaikan Pemerintah terkait imbauan untuk tidak atau menunda mudik saat hari raya nanti. Selain masyarakat juga diminta tetap menjaga kebersihan badan dan tangan dan menerapkan sosial distancing hingga tetap berada dirumah saat ini,” ujarnya.

Kendati imbauan pencegahan Covid-19 menjadi salah satu fokus pada Operasi Keselamatan ini, Aang menegaskan pihaknya tetap akan memberikan sanksi tegas bagi para pelanggar lalu lintas yang berpotensi memunculkan fatalitas laka seperti menerobos lampu merah, lawan arah , tak menggunakan helm dan sejumlah pelanggaran lalu lintas lainnya.

“Harapan kita, masyarakat tetap menaati aturan berkendara sembari bersama sama berupaya mencegah wabah Covid ini semakin meluas,” pungkasnya.