Tak Dilakukan Pengerasan, Jalan Nasional Ella-Menukung Kembali Hancur Lebur

oleh
Satu titik kondisi terkini jalan hancur di area logpon salah satu perusahaan kayu di Ella Hilir

MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR – Sejak satu bulan terakhir, warga kembali mengeluhkan rusaknya akses jalan Ella – Menukung, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, di beberapa titik, lantaran tidak dilakukan pengerasan.

Akibat kerusakan jalan berstatus jalan nasional tersebut, kini warga kesulitan hendak keluar masuk dari dan ke Kecamatan Ella Hilir dan Kecamatan Menukung.

Satu warga Ella Hilir, Alpino Hidayat menyebut, kerusakan jalan hancur lebur terjadi dibeberapa titik, seperti yang paling parah saat ini di area logpon salah satu perusahan kayu di Ella Hilir.

Alpino mengatakan, baru-baru ini pihak Pemkab Melawi melalui instansi terkait bekerjasama dengan pihak perusahaan kayu dan kelapa sawit yang berinsvestasi di wilayah itu sudah melakukan perbaikan penimbunan.

“Namun, perbaikan jalan yang ditimbun dengan menggunakan material tanah tersebut tidak disertai dengan pengerasan, sehingga, apabila turun hujan, kembali jalan yang ditimbun dengan material tanah menjadi bubur,” kata Alpino, Kamis (5/3/20).

Memang, lanjut Alpino, jalan yang rusak dilakukan perbaikan, namun, setelah penimbunan jalan hingga kini akses tak kunjung dilakukan pengerasan. Akibatnya, kini jalan rusak kembali, bahkan lebih para dari sebelumnya.

“Kondisi kerusakan jalan berstatus jalan nasional ini, membuat warga kesulitan hendak keluar masuk dari dan ke Kecamatan Ella Hilir dan Kecamatan Menukung,” sesalnya.

Ia berharap, agar pemerintah dibantu pihak perusahaan mencari solusinya. “Jalan rusak jangan hanya ditimbun, namun dilakukan pengerasan, sehingga kondisi jalan bisa bertahan lama, tidak hancur lebur seperti yang terjadi saat ini,” tuntas Alpino.