Terobosan Baru DPUPR, Pembangunan Jembatan Gantung Gunakan Rangka Baja

oleh
Kepala DPUPR Melawi, Makarius Horong

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Terobosan baru akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Melawi dalam rencana membangun jembatan gantung kedepan.

Kehadiran jembatan gantung memang sangat dibutuhkan dan disambut baik oleh masyarakat, karena manfaatnya nyata, utamanya sebagai akses penghubung antar desa di daerah pedalaman.

Tentu, melalui pembangunan jembatan gantung menggunakan perancangan desain yang matang, mulai dari struktur, pemilihan material hingga penerapan teknologi yang berkualitas, maka jembatan gantung di yakini bisa bertahan lama dan tak akan mudah roboh.

Terkait itu, Kepala DPUPR Kabupaten Melawi, Makarius Horong mengungkapkan, semua struktur jembatan gantung yang sudah terbangun di sejumlah daerah di Kabupaten Melawi terbuat dari bahan kayu.

Namun, kedepan, kata Horong, dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan ketahanan, semua pembangunan jembatan gantung yang di danai APBD tidak lagi menggunakan bahan kayu, namun akan diganti dengan konstruksi rangka baja.

“Selain kayu sudah sulit dicari, menggunakan rangka baja akan lebih kokoh dan lebih nyaman digunakan masyarakat serta tidak mudah roboh,” kata Makarius Horong, Rabu (29/1) di kantornya.