Ritual Buka Mata Naga, Awali Imlek di Melawi

oleh
Naga yang diarak berkeliling kota Pinoh usai ritual buka mata dalam rangka Imlek 2571

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Perayaan Imlek 2571 tahun 2020 dan Cap Go Meh di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, resmi dimulai.

Perayaan Imlek itu resmi dimulai ditandai dengan ritual sakral Buka Mata Naga di Klenteng Fuk Tet Chie Kota Nanga Pinoh, lalu diarak keliling kota Nanga Pinoh, dikawal Satlantas Polres Melawi, Kamis (23/1) pagi.

Ritual buka mata naga tersebut merupakan serangkaian dari perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2571 di Kabupaten Melawi.

Tokoh masyarakat Tionghoa Melawi, sekaligus koordinator aksi ritual buka mata naga, Cun Hon Fen mengatakan, ada dua naga sekitar 36 meter yang melakukan buka mata.

Cun menjelaskan, ritual buka mata naga gelaran Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Melawi tersebut menandakan naga sudah hidup kembali, nantinya digunakan atau beratraksi selama Imlek dan Cap Go Meh.

Ia menuturkan, bahwa masyarakat Tionghoa pun meyakini ritual buka mata ini juga dapat memberikan berkah, keajaiban, keselamatan dan mengusir roh-roh jahat.

“Setelah dibuka matanya, naga-naga ini dilepas untuk berinteraksi dengan masyarakat, mengunjungi pemukiman warga, perkantoran maupun fasilitas umum untuk mengusir roh-roh jahat,” terang Cun.

Cun menambahkan, ritual buka mata naga ini menjadi bagian dari upaya melestarikan tradisi seni budaya Tionghoa. Khususnya dalam perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Goh Meh.