11 Pasien Ikuti Operasi Bibir Sumbing Hari Ini

oleh
Ketua PKK Melawi, Astri Panji saat meninjau pasien bibir sumbing

MELAWINEWS.COM, Melawi – Operasi gratis bibir sumbing akan digelar di RSUD Melawi, Rabu (22/1) hingga Kamis esok. Ada 11 pasien yang dinyatakan siap untuk mengikuti proses operasi setelah melalui proses screening. Operasi gratis ini merupakan bakti sosial Yayasan Karya Hati Insani bekerjasama dengan RSUD Melawi serta PKK Melawi.

Dalam pembukaan Baksos Operasi Bibir Sumbing yang digelar di aula RSUD, Selasa (21/1) kemarin, Musadar dari RSUD Melawi mengungkapkan awalnya ada 13 pasien yang sudah mendaftar untuk mengikuti operasi gratis tersebut. Namun setelah dilakukan screening atau pemeriksaan awal, akhirnya hanya 11 pasien yang dinyatakan siap dioperasi.

“Terdiri dari empat bayi, empat balita serta tiga orang dewasa,” katanya.

Operasi bibir sumbing ini bekerjasama dengan Yayasan Karya Hati Insani. Sejumlah tenaga dokter yang akan melakukan operasi disediakan langsung dari yayasan tersebut serta dibantu paramedis dari RSUD Melawi.

Ketua PKK Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji saat membuka baksos Operasi Bibir Sumbing ini mengatakan operasi ini termasuk pertama kalinya digelar di Melawi. Ia pun mengajak seluruh pasien serta keluarga untuk bersyukur karena di Melawi bisa digelar operasi bibir sumbing dengan gratis.

“Ya kita doakan semoga setiap tahunnya bisa terselenggara. Karena biaya untuk operasi ini tidak sedikit. Bisa puluhan juta. Kita bersyukur kali ini operasinya bisa digratiskan,” katanya.

Astri Panji mengatakan bakti sosial ini bisa terselenggara karena rasa sayang dan cinta kasih sejumlah pihak untuk bisa terus berbuat baik pada sesama. Harapannya tentu orang yang ikut berkontribusi dalam operasi bibir sumbing gratis ini bisa terus berbuat baik disisa hidupnya,

“Kita doakan agar operasi ini nantinya bisa berjalan lancar. Lama opeasi tergantung kesulitan dan kondisi bibir sumbing pasien. Pasien yang ikut memang terbatas, karena tidak memungkinkan tenaga medis melayani sampai berpuluh-puluh orang,” jelasnya.