MTQ IX Tingkat Kabupaten Melawi Resmi Dibuka

oleh -215 views
Pembukaan MTQ IX di Manggala yang ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Melawi

MELAWINEWS.COM, Melawi -Perhelatan Akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke IX Tingkat Kabupaten Melawi 2024 di Desa Manggala, Kecamatan Pinoh Selatan, Senin (20/5) malam, resmi dibuka oleh Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa. Pembukaan even dua tahunan ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh bupati.

H. Dadi Sunarya dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan MTQ di Desa Manggala. Dia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa melahirkan para qori dan Qoriah yang akan membawa Kabupaten Melawi pada MTQ tingkat Provinsi.

Ketua panitia H. Arif Santoso menyampaikan bahwa kegiatan MTQ kali ini diikuti 682 orang, terdiri dari 359 peserta dan 323 pendamping dan official. Dengan cabang perlombaan, Tilawatil Qur’an, Syahril Qur’an, Fahmil Qur’an, Hifzil Qur’an, dan Khatmil Qur’an.

“Tak lupa kami sampaikan terimakasih kepada Bupati Melawi yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan ini bisa berjalan sukses. Kepada pihak yang memberikan dukungan, Kapolres, LO Kodim, dinas perhubungan, polisi pamong praja yang lain sebagainya kami sampaikan terimakasih,” kata Arif.

Sementara itu ketua LPTQ Melawi, Drs. M. Yamin, juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan MTQ, dia mengatakan, kegiatan ini tentu tak lepas dari kerjasama semua pihak.

“Sungguh mustahil kegiatan sebesar ini bisa sukses tanpa keterlibatan semua pihak, masyarakat dari berbagai komponen, semoga kebhinekaan ini senantiasa bisa dirajut,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kemenag Melawi H. Subakir, dalam sambutannya mengatakan, mengutip hadis, bawah sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alquran kemudian mengajarkannya.

Sementara itu ketua LPTQ Provinsi, Andi Musa juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Melawi, para pengurus LPTQ dan para panitia.

“Semoga para peserta yang ikut bertanding pada kegiatan ini bisa mewakili Melawi ke tingkat Provinsi yang akan diadakan di Kabupaten Landak pada Desember 2024 mendatang,” katanya.

Andi Musa juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Melawi dan pengurus karena tetap komitmen dalam penyelenggaraan kegiatan.

“Untuk Kalbar, Melawi merupakan kabupaten ketiga yang mengadakan MTQ, pertama Kabupaten Mempawah, kedua kota Pontianak dan ketiga Kabupaten Melawi,” katanya.