Cepat Tanggap Banjir, Seluruh Puskesmas Dirikan Posko Kesehatan

oleh -182 views
Puskesmas Menukung sudah melakukan upaya pelayanan kesehatan dengan cara mengelilingi warga terdampak banjir menggunakan perahu dilengkapi dengan tim medis dan obat-obatan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Bencana banjir merendam beberapa wilayah di Kabupaten Melawi, hingga Jumat siang (8/3).

Cepat tanggap akan kondisi bencana banjir yang melanda beberapa wilayah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) ikut turun ke lapangan untuk melakukan penanganan hingga mendirikan posko siĆ ga kesehatan di lokasi terdampak banjir, untuk memberikan pertolongan medis kepada korban banjir.

“Saya sudah menginstruksikan agar seluruh Puskesmas segera membuka posko pelayanan kesehatan pada wilayah yang terdampak banjir,”.

“Seperti contoh pada Puskesmas Menukung sudah melakukan upaya pelayanan kesehatan dengan cara mengelilingi warga terdampak banjir menggunakan perahu dilengkapi dengan tim medis dan obat-obatan,” ujar PLT Kepala Dinkes Melawi, Ahmad Darmawan, Jumat (8/3).

Ahmad Darmawan mengatakan, cepat tanggap akan kondisi banjir saat ini, wilayah Puskesmas yang terdampak banjir tetap standby dan cepat menangani warga yang membutuhkan penanganan akibat banjir.

“Semua Puskesmas dikerahkan untuk memberikan layanan kesehatan kepada warga bencana banjir,” tegasnya.

Menurutnya, posko kesehatan didirikan untuk pengobatan dasar bagi masyarakat terdampak banjir yang kesulitan untuk datang ke fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tidak ragu memeriksakan kondisi kesehatan ke Puskesmas atau posko kesehatan jika dirasa tubuh kurang sehat, lantaran di musim banjir akan menimbulkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal dan demam.

“Kami juga mengimbau, seluruh masyarakat Melawi, khususnya warga terdampak banjir untuk menjaga kesehatan dan kebersihan selama musim hujan melanda,” imbaunya.