Warga Sokan Keluhkan Pencemaran Sungai

oleh -89 views
Sungai Ngolas tersebut melintasi Desa Keluing Taja dan Desa Tanjung Mahung. Kondisi air sungai ini akan semakin keruh jika terjadi hujan lebat

MELAWINEWS.COM-Pencemaran air Sungai Ngolas yang berada di Kecamatan Sokan, Melawi, yang terjadi sejak dua bulan terakhir ini membuat warga yang memanfaatkan air sungai tersebut menjadi resah.

Pasalnya kondisi air sangat keruh, padahal sungai tersebut dimanfaatkan warga sekitar untuk keperluan mandi dan mencuci sehari-hari.

“Pencemaran ini diduga akibat adanya aktifitas perusahaan, namun tidak tahu persis aktifitasnya apa. Warga masih melakukan penyelidikan saat ini,” kata Sunarto warga setempat.

Menurutnya, Sungai Ngolas tersebut melintasi Desa Keluing Taja dan Desa Tanjung Mahung. Kondisi air sungai ini akan semakin keruh jika terjadi hujan lebat.

“Kemungkinan ada aktivitas di perhuluan sungai. Kami khawatir ada unsur bahan kimianya. Karena mayoritas masyarakat mengunakan air tersebut untuk mandi dan mencuci,” katanya.

Dia mengungkapkan sebelumnya kondisi air sungai tersebut sangat jernih, namun belakangan ini kondisinya sudah jauh berubah.

“Wajar jika warga merasa khawatir sebab air sungai itu dimanfaatkan warga,” pungkasnya.