12 Desa Di Nanga Pinoh Jadi Desa Mandiri

oleh -301 views

*Nanga Pinoh Pertama Verifikasi Tingkat Kecamatan di Kalbar

MELAWINEWS.COM,NANGA PINOH-Nanga Pinoh menyelesaikan proses verifikasi Indeks Desa Membangun (IDM) tingkat kecamatan Pada Rabu 24 Mei 2023 di aula kantor camat.

Nanga Pinoh menjadi Kecamatan pertama yang melakukan verifikasi tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Verifikasi ini dilaksanakan setelah 17 desa yang ada di wilayah kecamatan Nanga Pinoh selesai melakukan pemutakhiran data IDM yang dilaksanakan terhitung tanggal 1 Mei. “Pemutakhiran tingkat Desa dilakukan oleh perangkat desa didampingi pld dan PD.” Kata Korkab TPP Kabupaten Melawi Feri Agung Sasongko ST.

Pemutahiran data IDM ini merupakan instrumen pengukur kementerian desa. Untuk mengetahui sejauh mana dampak Dana Desa yang sudah disalurkan sejak beberapa tahun terakhir.

“Misalnya status desa sebelumnya tertinggal dengan adanya pembangunan fasilitas di desa statusnya menjadi naik. Jadi IDM ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan atau dampak dana Desa. Dari hasil pemutakhiran data ini akan muncul rekomendasi-rekomendasi yang bisa dijadikan acuan oleh desa untuk melaksanakan pembangunan tahun berikutnya” katanya.

Feri juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung proses pemutakhiran data, baik dari kecamatan, kepala desa dan perangkat desa.

“Mohon maaf kalau selama proses pendataan ada hal-hal yang membuat bapak ibu kurang nyaman,” katanya.

Dari hasil pemutahiran IDM, saat ini ada 12 desa di kecamatan Nanga Pinoh yang statusnya menjadi desa Mandiri, antara lain desa Tanjung Niaga, Desa Paal, Sidomulyo, Tanjung Tengang, Tanjung Sari, Kenual, Kelakik, Tanjung Lay, Semadin Lengkong dan Nanga Kebebu, Poring dan desa Baru.

Sedangkan desa dengan status maju ada tiga desa, antara lain desa, Nanga Kayan, Desa Nusa Pandau dan Desa Tembawang Panjang, dan desa dengan status berkembang, yakni Labai Mandiri dan Tebing Karangan

Camat Nanga Pinoh Hendra Permana menyampaikan apresiasi kepada pihak kecamatan, pendamping desa, kepala desa dan perangkat desa sehingga pemutahiran IDM bisa berjalan dengan lancar.

“Terimakasih atas dukungan kawan-kawan bapak ibu semuanya sehingga proses input sudah mencapai seratus persen dengan status desa, Mandiri 12 desa, desa Maju tiga desa dan dua desa status sebagai desa berkembang” katanya.