Tim Barongsai Singkawang Bawa Pulang Piala Bergilir Bupati Cup dan Piala Tetap MABT Cup

oleh -251 views
Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto dan Ketua MABT Melawi Taufik foto bersama usai gelar penyerahan piala dan uang pembinaan kepada pemenang

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa secara resmi menutup Festival Barongsai Open Turnamen Tingkat Provinsi Kalimantan Barat 2022 yang diselenggarakan oleh Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Melawi bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Melawi, Sabtu (10/12) malam, di Lapangan Basket Nanga Pinoh.

Diberitakan sebelumnya, Festival Barongsai Open Turnamen Tingkat Provinsi Kalimantan Barat ini dilaksanakan selama satu hari (10/12), memperebutkan piala bergilir Bupati Cup, piala tetap MABT Cup dan total uang pembinaan yang disiapkan sebanyak Rp 30 juta.

Festival barongsai ini diikuti sebanyak 12 tim yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat yaitu 3 tim perwakilan dari Melawi, 1 tim dari Sintang, 1 tim dari Sekadau, 1 tim dari Sanggau, 2 tim dari Pontianak dan 1 tim dari luar Kalbar yaitu dari Bangka Belitung.

Bupati Dadi, dalam sambutannya saat menutup festival barongsai yang juga dihadiri Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto ini mengucapkan rasa bangganya, karena kegiatan festival barongsai ini dapat terselenggara dengan aman, lancar dan sukses.

Pada kesempatan itu Bupati Dadi menyampaikan bahwa kegiatan festival barongsai ini akan menjadi event tahunan di Melawi.

“Mohon dukungan semua lapisan masyarakat, agar festival barongsai ini dapat dilaksanakan kembali pada tahun-tahun berikutnya,” ujar Bupati.

Ditempat yang sama, Ketua MABT Melawi, Taufik menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran seluruh peserta yang telah meramaikan festival barongsai tersebut.

“Festival ini berjalan dengan sukses yang mendapat dukungan dari masyarakat, pihak keamanan, Disdikbud dan seluruh panitia penyelenggara serta pihak-pihak terkait lainnya. Terima kasih juga kami sampaikan atas dukungan Pak Bupati dengan terselenggaranya festival ini,” kata Wakil Ketua DPRD Melawi itu.

Taufik menegaskan, bahwa festival barongsai ini akan tetap berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Kepada pemenang Taufik mengingatkan agar piala bergilir Bupati Cup yang di raih dibawa kembali ke Melawi pada saat festival barongsai yang sama tahun depan.

“Kalau sudah tiga kali juara berturut-turut, maka piala bergilir Bupati Cup menjadi hak pemenang,” ungkapnya.

Tampil sebagai pemenang juara harapan 2 tim Macan Langit Bangka Belitung, juara harapan 1 Singa Mas Melawi, juara 3 GB Perdamaian Pontianak, juara 2 Asoka B Singkawang dan juara 1 Asoka C Singkawang membawa pulang piala bergilir Bupati Cup dan MABT Cup serta uang pembinaan Rp 15 juta.