Gelar Upacara HUT RI di Nanga Kayan, Camat Pinoh : Agar Semangat Kemerdekaan Sampai ke Pedalaman

oleh -81 views
Camat Pinoh menjadi inspektur upacara HUT RI yang digelar di Desa Nanga Kayan

MELAWINEWS.COM, Melawi – Ada yang beda pada Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ke 77 oleh jajaran Pemerintah Kecamatan Nanga Pinoh. Pasalnya Pengibaran Bendera Merah Putih kali ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Nanga Kayan pada Rabu (17/8).

Kegiatan di hadiri Forkopimcam, para kepala desa se-Kecamatan Nanga Pinoh, anggota BPD, Bhabinkamtibmas, pendamping desa dan tokoh masyarakat.

Bertindak sebagai inspektur upacara camat Nanga Pinoh Halma Trisno, petugas pengibar bendera siswa-siswa SMPN 05 Nanga Kayan.

Dalam kesempatan tersebut Camat Nanga Pinoh mengungkapkan, pihaknya sengaja melaksanakan upacara HUT RI di desa Nanga Kayan agar semangat kemerdekaan sampai ke daerah pedalaman.

“Kepada forkopimcam dan semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu yang telah membantu hingga terlaksananya upacara ini secara khusus saya menyampaikan terima kasih kepada kepala Desa Nanga Kayan dan seluruh jajarannya yang telah bersedia menjadi tuan rumah Pada pelaksanaan upacara pada kegiatan kali” kata Halma Trisno.

Dia mengungkapkan pelaksanaan upacara HUT RI sengaja tidak dilaksanakan ke kecamatan, kedepan pihaknya juga akan mengagendakan kegiatan serupa di desa-desa lain yang ada di wilayah kecamatan Nanga Pinoh.

“Insya Allah kalau masih dipercayakan kami selaku Camat Nanga Pinoh kedepannya pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia bagi yang ke-78 ataupun yang seterusnya akan kita laksanakan di desa-desa jadi tidak terpusat di kecamatan Nanga Pinoh kita akan melaksanakan di desa-desa yang secara geografis jauh dari pusat kecamatan Nanga Pinoh” katanya.

Camat juga memberikan apresiasi secara khusus kepada adik-adik pengibar bendera dari SMPN 05 yang hari ini telah sukses mengibarkan sang saka merah putih.

“Terima kasih juga saya sampaikan kepada para pelatih para panitia yang sudah bersama-sama menyukseskan pelaksanaan upacara pada hari ini” ujarnya.

Camat juga menyampaikan jika tidak ada halangan pada bulan September nanti akan dilaksanakan kunjungan kerja Bupati Melawi di wilayah kecamatan Nanga Pinoh.

“Apabila diminta kepada Camat untuk menunjuk locus atau tempat di mana pelaksanaan kunjungan kerja tersebut maka saya pastikan Desa Nanga Kayan akan menjadi tuan rumah untuk kerja Bupati Melawi. Kita ingin yang mana secara wilayah masih terisolir” jelasnya

Maka dari itu camat minta kepada seluruh masyarakat bahu-membahu untuk menyuarakan agar bapak Bupati Melawi melalui UPJJ kiranya sudi untuk melakukan pengerjaan jalan pembukaan jalan akses dari Desa Naga Kayan menuju ibukota Kecamatan Nanga Pinoh.

“Karena perlu saya sampaikan juga bahwasanya nanti kalau direstui oleh beliau tentu akan ada tanam tumbuh yang akan dilewati saya meminta dukungan kepada bapak ibu semuanya yang secara tanahnya dilewati oleh pengerjaan kiranya bisa mendukung untuk merelakan apabila tanah pak milik bapak ibu dijadikan sebagai jalan pengerjaan UPJJ tersebut itu yang kami harapkan dengan begitu saya kira bapak bupati akan menerima dan tentu dengan kebersamaan kita dukungan yang seperti itu.

Akses jalan menuju desa Nanga Kayan memang masih rusak berat, sebagian besar masyarakat menggunakan jalur air saat akan ke ibu kota kecamatan atau Kabupaten dengan jarak tempuh kurang lebih dua jam menggunakan longboat.

Para kades dan peserta upacara dari kecamatan diangkut menggunakan perahu longboat yang disiapkan oleh pemerintah desa Nanga Kayan, dengan waktu tempuh dua jam.