Tradisi Pembaretan, Ini Pesan Wakapolres kepada Bintara Remaja Polres Melawi

oleh -85 views
Wakapolres Melawi, Kompol Asmadi, sedang menyiram air bunga kepada Bintara remaja dalam tradisi pembaretan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Guna membentuk sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang anggota Polri, Polres Melawi menggelar pembinaan tradisi dan pembaretan bagi Bintara Remaja Polres Melawi Polda Kalbar, Selasa (15/3/2022).

Wakapolres Melawi Kompol Asmadi, S.I.P., M.M. yang memimpin kegiatan menjelaskan, pembinaan tradisi dan pembaretan itu diikuti oleh 11 personil terdiri dari 7 orang Bintara Remaja lulusan SPN Pontianak angkatan 45 tahun 2021, 3 personil angkatan 44 SPN Pontianak tahun 2020 serta 1 personil Bakomsus (Bintara Kompetensi Khusus) sumber perawat dan bidan lulusan tahun 2020 Lemdiklat Sepolwan Polri.

“Pembinaan tradisi ini perlu dijalani oleh setiap anggota Polri supaya tumbuh sikap disiplin, loyalitas, kebanggaan, menghargai hirarki dan rasa tanggung jawab terhadap kesatuan,” jelas Wakapolres Melawi.

Selain itu, Wakapolres juga menjelaskan tujuan dilakukannya pembaretan bagi para personelnya itu.

“Agar tumbuh rasa bangga dari dalam diri rekan-rekan terhadap baret yang rekan-rekan kenakan nantinya. Dengan begitu, rekan-rekan akan menjaga kebanggaan dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan rekan-rekan sendiri bahkan kesatuan dan institusi Polri,” tuturnya.

Dalam pembinaan tradisi dan pembaretan itu, para peserta diharuskan melakukan long march dari lapangan sepak bola Desa Pemuar hingga Mako Polres Melawi. Selain itu, sejumlah halang rintang dan rute penyebrangan basah juga disiapkan guna menguji kemampuan para peserta.

Terakhir, para peserta melakukan prosesi siraman serta pemasangan baret Samapta Bhayangkara oleh Wakapolres Melawi.

“Selalu jaga nama baik rekan-rekan, kesatuan dan institusi Polri. Seiring dengan itu, jadilah anggota Polri yang baik, yang memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Ingat selalu tugas pokok rekan-rekan sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” pesan Wakapolres.

Penulis: Samsi/Humas Polres Melawi