Nekat Terobos Banjir, Risma Akui Banjir Melawi Terparah di Kalbar

oleh -533 views
Mensosn Tri Rismaharini saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Melawi dalam rangka meninjau Banjir

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH- Setelah melintasi jalur berat menerobos lokasi banjir, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan rombongan sampai di Kabupaten Melawi pada Rabu (3/11) malam. Risma berkunjung ke Melawi hanya beberapa saat untuk meninjau lokasi terdampak banjir.

“Untung saya nekat ke sini, saya jadi tahu kondisinya, karena reportynya saya hanya berkunjung ke satu wilayah, kemudian pak Lazarus (Ketua Komisi V DPR RI asal Kalbar) mengatakan, bu di titik ini yang dampaknya berat, setelah sampai sini ternyata benar,” kata Risma di lokasi pengungsian SDN 6 Nanga Pinoh.

Risma mengungkapkan, dirinya tidak bisa berlama-lama berada di kabupaten Melawi. Namun demikian kata Risma dirinya akan berusaha membuat strategi dengan bupati Melawi, mengenai bagaimana cara penanganan tercepat saat terjadi bencana.

“Intinya jangan sampai warga kelaparan. Kalau melihat dari jalur tadi, ada yang terputus ada yang bisa jalan, maka di titik-titik yang terputus itu harus kita siapkan untuk pengiriman, jadi ada semacam lumbung untuk tempat makanan, tempat semuanya, bila perlu ada perahu, ada genset dan lainnya,” katanya.

Risma mengatakan, dirinya akan berdiskusi lagi dengan bupati untuk membahas masalah ini. Melalui stafnya kata mentri nanti pemerintah akan mendatangkan bantuan.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Melawi Risma dan rombongan harus melalui jalur berat yang terendam banjir, di sejumlah titik, antara lain di Batu Nanta, Batu Build dan wilayah di kecamatan Nanga Pinoh. Kendaraan yang dipergunakan merupakan mobil dengan bodi tinggi.

Beberapa pejabat yang menggunakan kendaraan kecil terpaksa terjebak di Batu Nanta karena tidak berani untuk menerobos banjir yang tingginya mencapai satu meter.

Sesampainya di Melawi Risma langsung meninjau posko banjir yang ada di SDN 6 Nanga Pinoh. Setelah mengikuti kegiatan sejenak menteri langsung menuju pendopo bupati dan selanjutnya kembali pulang.