Sosialisasi IDM, Bupati Minta Pendataan Jangan Hanya di Atas Meja

oleh -21 views
Bupati Melawi saat membuka sosialisasi IDM Kabupaten Melawi tahun 2021 di hotel Cantika

MELAWINEWS. COM, NANGA PINOH-Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa membuka secara resmi sosialisasi Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Melawi tahun 2021 di hotel Cantika Kamis (18/3).

Kegiatan yang digelar oleh Bappeda Kabupaten Melawi tersebut dihadiri pula oleh wakil bupati Melawi Drs. Kluisen, para kepala OPD, Tenaga Ahli, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, dan para kepala desa.

Dalam kesempatan itu bupati Melawi mengaku bingung karena di tahun 2020 kabupaten Melawi masih dianggap sebagai kabupaten termiskin di Kalbar. Padahal kenyataan di lapangan tidaklah demikian.

“Ternyata masalahnya ada pada data. Maka dari itu kita berharap pendataan jangan hanya dilakukan di atas meja saja” kata H Dadi Sunarya.

Kata Dadi, kedepan pendataan agar dilakukan secara maksimal. Kata dia pemerintah siap menganggarkan dana yang besar untuk kepentingan pendataan. Namun dia mengingatkan agar pendataan jangan hanya di atas meja.

“Minta tolong ya, bapeda, pemdes dan pendamping desa. Lakukan pendataan secara maksimal. Harapannya agar data menjadi lebih baik. Tak masalah kita keluar uang banyak namun kita bisa mendapat anggaran lebih besar dari pusat” katanya.

Sementara itu kepala bapeda Melawi, Jaya Sutardi mengatakan, saat ini kabupaten Melawi sudah tidak ada lagi desa berstatus Sangat Tertinggal. Hal ini karena adanya pemutahiran data Indeks Desa Membangun (IDM).

Jaya Sutardi mengatakan di tahun 2020 status Desa hasil pemutahiran data IDM Desa Mandiri ada 8, Desa maju ada 14, Desa berkembang 48 dan Desa tertinggal sebanyak 99 Desa. Sedangkan Desa sangat tertinggal 0.

“Ditahun 2021 ini kita usulkan Desa Mandiri sebanyak 12 Desa. Antara lain kecamatan Belimbing tiga Desa. Pemuar, Batu Ampar dan Batu Nanta, kemudian Ella Hilir, Nanga Ella Hilir dan Popar. kecamatan Mendukung Desa Mendukung Kota, Desa Sayang ada Lingkar Indah, Kecamatan Tanah Pinoh ada Desa Batu Begigi dan Lokajaya kemudian kecamatan Sokan ada Desa Nanga Sokan di kecamatan Pinoh Selatan adanya Nanga Pintas dan di Belimbing Hulu ada Tiong Keranjik” kata Jaya.