Songsong Pilkada Aman, Elemen Masyarakat Melawi Deklarasikan Cinta Damai

oleh

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Deklarasi Cinta Damai digelar Polres Melawi, Senin (19/10). Deklarasi yang melibatkan berbagai tokoh masyarakat dan tokoh adat hingga tokoh agama ini mendorong terciptanya Pilkada yang aman dan damai.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Melawi, Linda Purnama dalam deklarasi cinta damai masyarakat mengatakan deklarasi serupa sudah digelar oleh Pemkab Melawi, termasuk juga penandatanganan pakta integritas Pilkada damai oleh KPU beberapa waktu lalu.

“Intinya kita menginginkan penyelenggara pilkada dapat berjalan dengan baik aman dan kondusif,” ujarnya.

Linda mengatakan, Pemda, aparat serta masyarakat sama sama bertekad dapat menjalani masa kampanye hingga pencoblosan serta setelah pemungutan suara, semuanya berjalan aman damai dan kondusif. Menurutnya, ini harus jadi tekad semua komponen utama pemilu bersama para calon .

“Kami menjaga seluruh komponen masyarakat bertoleransi dan saling menghargai serta menjaga rumah besar kita aman dan damai serta aman dari Covid-19. Pada timses dan calon untuk sama sama menegakkan aturan yang ada dalam proses kampanye termasuk penegakan Protokol Kesehatan,” pesannya.

Sementara itu, tokoh masyarakat, Zubir Saidi menilai pelaksanaan Pilkada Melawi sejauh ini berjalan aman damai. Walau ada riak riak kecil, namun riak itu diharapkan tidak menjadi gelombang yang besar.

“Ini peran kita tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan pemuda membantu pemerintah,” katanya.

Ketua MABM ini berpesan agar saat berjuang dalam Pilkada tak perlu dengan menjelekkan atau menghina suku agama lain. Sama sama punya kelebihan dan tentu juga punya kekurangan.

“Kita memilih pemimpin Melawi yang akan membawa perahu Melawi. Semoga pasangan yang terpilih nantinya bisa terus harmonis, karena keduanya adalah satu paket,” pesannya.

Sedangkan Ketua Fopad, Saleh mendukung Deklarasi Damai oleh seluruh elemen masyarakat Melawi. Ia berharap Pilkada damai akan terwujud sehingga suasana aman dan tenteram di Melawi terus terjaga.

Ditempat yang sama, Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi mengatakan deklarasi cinta damai, memang sudah dilaksanakan jauh jauh hari.

Ia juga meyakini dan percaya Pilkada Melawi berjalan aman dan lancar. Dan dirinya juga yakin 99 persen semuanya akan menjaga rumah besar kabupaten Melawi ini.

Deklarasi ini turut dihadiri sejumlah perwakilan organisasi etnis seperti MABM, DAD, PJKB, serta FKMB. Selain itu turut serta ketua ormas dan organisasi kepemudaan serta lembaga keagamaan.