“Gebrak Masker”, PKK dan IKAPTK Melawi Sebar 10.000 Masker

oleh
Ketua TP PKK Melawi, Astri Panji, bersama Pj Sekda Melawi, Linda Purnama, dengan sejumlah pengurus TP PKK dan IKAPTK Melawi saat membagikan masker gratis di area lampu merah tugu juang kota Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Melawi melakukan Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) secara serentak di 11 kecamatan wilayah Melawi dengan membagikan 10 ribu masker gratis kepada masyarakat, Senin (17/8/20).

Pembagian masker secara simbolis dilakukan di kawasan lampu merah tugu juang dan di Ponpes Bustanul Quran Nanga Pinoh, Senin (17/8/2020).

Pembagian masker dipimpin Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Melawi Linda Purnama, mewakili Pemerintah setempat dan IKAPTK Melawi, didampingi Ketua TP PKK Melawi Hj Nurbetty Eka Mulyastri Panji, serta para pengurus TP PKK dan IKAPTK Melawi.

Pj Sekda Melawi, Linda Purnama, mengatakan, pembagian masker ini bertemakan ‘Gebrak Masker’ yang dilaksanakan secara serentak pada 17 Agustus 2020 di seluruh Indonesia.

“Pembagian masker ini berdasarkan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), yang dilaksanakan serentak oleh gubernur, wali kota/bupati bekerja sama dengan TP PKK, dan IKAPTK,” ujar Sekda, disela-sela pembagian masker itu di kawasan lampu merah tugu juang Nanga Pinoh.

Sekda mengungkapkan, momen peringatan kemerdekaan ke-75 ini bisa menjadi penyuntik semangat baru bagi masyarakat Melawi untuk menghadapi Covid-19, agar selalu menggunakan masker. 

Sekda menghimbau, seluruh masyarakat Melawi untuk tetap melakukan protokol kesehatan Covid-19, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. 

Ketua TP PKK Melawi, Hj Nurbetty Eka Mulyastri Panji, menambahkan, secara serentak di 11 kecamatan juga menggelar Gebrak Masker ini. Total ada 10.000 masker yang di sebar.

“Dengan semangat Kemerdekaan, kita harus yakin, bahwa virus Corona bisa kita hentikan. Salah satunya dengan berdisiplin menggunakan masker,” tegas istri Bupati Melawi, akrab disapa, Astri Panji itu.

Ia berharap, dengan kegiatan Gebrak Masker tersebut, akan mampu menggugah kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker, terutama di tempat-tempat umum atau tempat kerumunan.

“Melalui gebrak masker ini, kita berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya penggunaan masker di tengah pandemi Covid-19 ini,” harap Astri.

Ditambahkannya, langkah sederhana dan efektif agar pandemi Covid-19 ini tidak menyebar dari satu orang ke yang lain, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.