Ribuan Jamaah Hadiri Sholat Idul Adha 1441 H di Eks Halaman Kantor Bupati Melawi

oleh
Jamaah masyarakat Kota Nanga Pinoh padati eks halaman Kantor Bupati Melawi untuk mengikuti shalat Idul Adha 1441 tahun 2020

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Ribuan jamaah masyarakat Kota Nanga Pinoh memadati eks halaman Kantor Bupati Melawi, Jumat (31/7/2020) untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 1441 H tahun 2020.

Pelaksanaan shalat Idul Adha gelaran PHBI Melawi tersebut mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh jamaah memasuki lapangan tempat shalat dan bagi-bagi masker.

Bertindak selaku imam shalat Ade Dinato, sebagai pembawa khotbah atau khotib adalah dosen pasca sarjana IAIN Pontianak, Dr. H. Hermansyah dan bilal dilakoni Jamadi.

Wakil Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya UY, dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemkab Melawi mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1441 H tahun 2020.

“Hendaknya momentum Idul Adha dijadikan semangat berbagi dan berkurban untuk meningkatkan ketakwaan kepada Alllah SWT,” kata Wakil Bupati.

Selain itu, lanjut Wakil Bupati, melalui momentum hari raya Idul Adha ini juga menjadi ladang amal, karena kurban diserahkan dapat meraih ridho Allah SWT.

Dalam khotbahnya, Dr. H. Hermansyah, mengajak para jamaah untuk merenungkan serta meneladani betapa besarnya pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail AS dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Pada bagian lain, Hermansyah berpesan untuk selalu meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat yang kurang mampu dengan pemotongan hewan kurban, sebab ibadah qurban mengandung nilai kemanusiaan dan nilai sosial untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Ia mengungkapkan, melalui ibadah kurban, umat Islam akan menemukan jati dirinya sebagai umat yang memiliki kepedulian sosial terhadap sesama, diwujudkan dalam bentuk berkorban.

Selain itu, lanjutnya, menunjukan solidaritas dan berkeprihatinan terhadap sesama umat dengan memberikan bantuan material, tenaga dan iringan doa serta keikhlasan terhadap sesama manusia, terlebih dunia saat ini sedang dilanda wabah pandemi Covid-19, bencana banjir dan longsor.

Sementara, Ketua PHBI Melawi, Aimolnija, melaporkan pelaksanaan kurban khususnya di Kecamatan Nanaga Pinoh, tercatat 80 ekor sapi dan 23 ekor kambing di sejumlah Mesjid dan Surau.