Nanga Pinoh Gelar Musrenbang, Kades Desa Baru Minta Bangun Jalan

oleh
Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH-Camat Nanga Pinoh Sonten berharap kepada semua desa yang agar bisa memperhatikan dengan baik usulan yang akan disampaikan. Dia berharap usulan yang disampaikan benar-benar menjadi skala prioritas pembangunan.

“Sehingga nanti bisa terakomodir pembangunannya. Apalagi sekarang ini penganggaran perencanaan pembangunannya menggunakan e-Planing, maka dari itu saya berharap ada perangkat desa yang mehamai computer,” kata Camat Sonten saat membuka musrenbang di aula kecamatan, pada Rabu (5/2).

Dia mengungkapkan, dengan adanya E-planing tugas operator memang cukup berat, maka dari itu usulan yang disampaikan henda-hendaknya benar-benar yang menjadi skala prioritas, sebab dikhawatirkan jika banyak usulan yang disampaikan nantinya tidak akan masuk ke dalam system.

“Untuk enam tahun kedepan, tolong bapak-ibu yang bertugas sebagai kades ataupun PJ Kades, diharapkan bisa merencanakan sebaik-baiknya, dan mengikuti tahapan sesuai dengan yang sudah diatur dan sesuai pula dengan perkembangan zaman,” katanya.

Sementara itu Kepala Bapeda Melawi, Jaya Sutardi, mengungkapkan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkatkecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan di kecamatan yang bersangkutan.

Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akandiajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan RencanaKerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya. Musrenbang kecamatan dilakukan setiap tahun pada bulan Februari dengan luaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk Renja SKPD Kecamatan.

Lembaga penyelenggara Musrenbang kecamatan adalah kecamatan dan Bappeda. Kecamatan bertugas untuk menyiapkan teknis penyelenggaraanMusrenbang kecamatan serta mempersiapkan dokumen Rancangan Rencana Pembangunan Kecamatan. Bappeda bertugas untuk mengorganisasi penjadwalan seluruh Musrenbang kecamatan, mempersiapkan Tim Pemandu,dan dokumen-dokumen yang relevan untuk penyelenggaraan Musrenbang kecamatan.

Dalam kesempatan itu, Pj Kades Desa Baru, Dini Marini menyampaikan harapannya kepada DPRD Melawi, Widiya Rima yang kebetulan hadir dalam kegiatan tersebut, agar kiranya bisa membantu pemerintah desa Baru dalam peningkatan Jalan Poros, Dusun Pangkoh Permai sampai Dusun Nyantang II.

“Tahun lalu juga belum masuk pak, kalau bisa tahun depan ini mohon dengan sangat supaya bisa masuk ke dalam anggaran, karena jalan di sana sangat dibutuhkan oleh masyarakat, di san aitu petani lewat sana semua pak,” kata Dini.