Baru Surut, Banjir Kembali Rendam Ratusan Rumah di Desa Manggala

oleh -506 views
Bencana banjir kembali merendam pemukiman di Desa Manggala

MELAWINEWS.COM, PINOH SELATAN – Selang beberapa hari surut, bencana banjir kembali menerjang wilayah Desa Manggala, Kecamatan Pinoh Selatan, Melawi.

Banjir akibat luapan air Sungai Mangat itu kini merendam empat dusun di wilayah itu. Kali ini, ratusan rumah warga terendam air dengan ketinggian bervariasi mulai 50 sentimeter hingga 1 meter.

Menurut salah seorang warga Desa Manggala, Satiman, banjir mulai merendam pemukiman dan akses jalan utama desa sejak Rabu (10/11/2021) pukul 02.00 WIB hingga sore ini belum surut.

Dikatakan, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur daerah itu sejak Selasa (9/11/2021) malam menyebabkan debit air Sungai Mangat meluap.

“Jadi, Sungai Mangat ini sudah tidak kuat menahan debit air. Lantaran debit sungai meningkat, air meluap ke permukiman,” kata Satiman, Rabu (10/11/2021).

Dia mengungkapkan, kini warga sebagian sudah mengungsi. Banjir juga merendam fasilitas umum seperti tempat ibadah dan sekolah.

“Kami berharap hujan tidak lagi terjadi dengan intensitas tinggi. Terutama di wilayah hulu sungai. Jika tidak, maka kemungkinan terjadi banjir meluas ya bisa saja terjadi lagi,” terangnya.