Sungai Meluap, Banjir Kembali Rendam Menukung

oleh
Kawasan pusat pasar di Desa Menukung Kota kembali direndam banjir mencapai ketinggian 1,5 meter

MELAWINEWS.COM, MELAWI Dalam dua hari terakhir, Kabupaten Melawi, kembali dilanda hujan lebat. Akibatnya, sejumlah desa kembali dilanda banjir.

Kali ini, banjir kembali melanda sejumlah kawasan di Kecamatan Menukung, tepatnya di Desa Menukung Kota area pusat pasar, Minggu (12/1).

Sepertinya warga disana tak lagi begitu terkejut dengan datangnya banjir ini. Pasalnya, kebanjiran di wilayah itu sangat sering terjadi, jika intensitas hujan tinggi.

Mohermansyah, dari Komunitas Anak Menukung Tengah (MENTENG) mengatakan, bencana banjir kembali terjadi akibat luapan sungai Melawi, setelah diguyur hujan deras sejak Sabtu malam (11/1) hingga dini hari, dengan ketinggian banjir mencapai 1,5 meter.

“Hingga siang ini air semakin meninggi, hingga merendam akses jalan ke pusat pasar dan menggenangi rumah penduduk dan fasilitas umum,” kata Mohermansyah, Minggu (12/1).

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi mengimbau kepada seluruh masyarakat waspada dan antisipasi, khususnya di wilayah-wilayah yang rawan terjadi bencana banjir dan longsor.

Hal tersebut disampaikan menyusul adanya bencana banjir dan longsor yang melanda sejumlah daerah di Melawi baru-baru ini, akibat intensitas hujang tinggi.

“Kita mengimbau dan tetap waspada, utamanya kepada warga yang bermukim ditepian sungai dan perbukitan atau tebing, sebab cuaca beberapa hari belakangan melalui intensitas curah hujan di wilayah Melawi meningkat,” ucap Kepala BPBD Melawi, Syafaruddin.

Lebih lanjut dikatakan Syafaruddin, bahwa daerah yang paling cepat dilanda bencana banjir adalah wilayah yang berada di pinggiran sungai. Sedangkan terdampak longsor adalah wilayah dataran tinggi pemukiman di sisi bukit atau tebing.

Ditambahkan, bagi masyarakat Melawi, agar dapat melaporkan setiap kejadian bencana ke BPBD Melawi. “Jika terjadi bencana segera melaporkan ke BPBD,” jelasnya.