Peduli Penghijauan, Polsek Menukung dan Masyarakat Tanam Pohon

oleh
Polisi bersama masyarakat melakukan penanaman berbagai jenis pohon di lingkungan Desa Menukung Kota

MELAWINEWS.COM, MELAWI -Kepolisian Sektor (Polsek) Menukung, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalbar, melaksanakan aksi penanaman puluhan bibit pohon dalam rangka mendukung program Polri Peduli Penghijauan, Jum’at (10/1).

Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di sejumlah kawasan di Desa Menukung Kota tersebut melibatkan instansi terkait, Puskesmas, Komunitas Anak Menukung Tengah (MENTENG), Komunitas Remaja Peduli Sosial Menukung (KORPSMEN) dan masyarakat setempat, dipimpin langsung oleh Kapolsek Menukung, Ipda Bhakti Juni Ardhi.

Pantauan media ini, berbagai jenis bibit pohon yang ditanami yaitu, tanaman buah-buahan dan pohon kayu keras.

“Kita berharap, semoga dengan kegiatan ini masyarakat juga akan ikut serta menanam pohon dilingkungan sekitar, agar diwilayah kita menjadi hijau kembali dan mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor,” kata Kapolsek Menukung, Ipda Bhakti Juni Ardhi, disela-sela kegiatan itu.

Kapolsek menuturkan, jika sudah tumbuh rasa cinta menanam pohon di lingkungan masing-masing, lama kelamaan akan menjadi kebiasaan bagi masyarakat.

“Aksi ini harus digelorakan mulai dari individu, hingga diharapkan semakin lama akan melibatkan kelompok yang lebih luas,” terang Kapolsek.

Dikesempatan itu, Kapolsek mengajak seluruh anggota, pegawai dan semua masyarakat khususnya di Desa Menukung Kota untuk merawat dan menjaga pohon-pohon yang sudah ditanami.

Ditempat yang sama, Mohermansyah, dari Komunitas Anak Menukung Tengah (MENTENG) berharap, aksi gerakan penanaman pohon itu, dapat menjadi contoh bagi seluruh masyarakat, khususnya di Desa Menukung Kota.

“Selain mendukung program Polri, juga aksi penghijauan akan mencegah terjadinya bencana alam serta demi memelihara bumi tetap asri untuk masa depan anak cucu kita,” ujar dia.

Dikatakan Mohermansyah, aksi menanam pohon bersama elemen masyarakat yang dipelopori Polisi tersebut, bisa menginspirasi, memotivasi, dan mengajarkan pentingnya kepedulian untuk melestarikan dan memelihara lingkungan, sehingga tercipta lingkungan yang sehat, nyaman dan terhindar dari bencana alam seperti banjir, kekeringan dan tanah longsor.