Banjir dan Longsor Landa Bina Jaya, Jalan Putus hingga Belasan Ribu Bibit Ikan Hanyut

oleh
Banjir bandang di Bina Jaya membuat pagar sekolah roboh

MELAWINEWS.COM, Melawi – Tingginya Curah hujan memicu banjir bandang hingga longsor di Desa Bina Jaya, Kecamatan Pinoh Selatan. Warga setempat pun kini kesulitan pangan setelah padi dan beras mereka terendam banjir.

Kades Bina Jaya, Fransiskus Andi Lala, saat dihubungi, Kamis (12/12) mengungkapkan banjir bandang dan longsor menimpa desanya pada Selasa (10/12) malam lalu. Banjir ini terjadi tepat tengah malam dan membuat puluhan rumah terendam.

“Total ada 64 unit rumah warga terendam banjir. Kemudian 21 bidang ladang warga tertimbun longsor. Jalan poros antar desa terputus karena longsor sepanjang kurang lebih dua kilometer,” katanya

Andi juga mengungkapkan dampak banjir bandang dan longsor membuat pagar SD roboh, jembatan dalam desa rusak serta banyak padi dan beras warga yang terendam banjir. Hal ini membuat masyarakat kesulitan pangan.

Padi warga yang menjadi korban banjir

“Masyarakat membutuhkan bantuan makanan, pakaian serta obat-obatan. Banjir juga membuat buku perpustakaan di sekolah rusak terkena air,” katanya.

Selain itu, lanjut Andi, banyak pemilik kolam yang merugi akibat ikannya hanyut terbawa banjir. Sekitar 15 ribu bibit ikan yang ditebar di kolam-kolam warga kini tak bersisa setelah banjir menggenangi kampung tersebut.

“Semua ikan yang besar dan kecil habis kena banjir,” keluhnya.

Banjir ini berawal dari luapan sungai Kebebu Ulu yang berada dekat dengan perkampungan. Saat ini, terang Andi, banjir baru mulai surut. Namun, akses jalan dari Bina Jaya menuju pusat kecamatan terputus karena longsor.

longsor membuat akses jalan bina jaya ke pusat kecamatan Pinoh Selatan terputus

“Kami berharap ada perhatian dari pemerintah terhadap warga kami yang menderita karena banjir bandang. Yang utama tentunya terkait kebutuhan pangan sehari-hari,” ujarnya.