DPMD Melawi Gelar Rapat Kerja Tahunan Perangkat Desa

oleh
Pelaksanaan Rapat Kerja Tahunan Perangkat Desa yang diikuti kades hingga BPD

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pemkab Melawi menggelar Rapat Kerja Tahunan (RKT) Perangkat Desa Se Kabupaten Melawi, Senin (2/12). Rapat ini dihadiri kades hingga BPD dari seluruh desa.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi, Paulus dalam laporannya mengatakan tujuan Rapat Kerja Tahunan untuk melaksanakan fungsi pengawasan dan pembinaan Pemda terhadap pembangunan desa dan dana desa. Sekaligus melakukan sosialisasi terkait persiapan Pilkades serentak Kabupaten Melawi yang akan diikuti 111 desa dengan jumlah TPS 410.

“Tujuan kegiatan ini juga agar kades dan perangkat mampu menyusun pembangunan prioritas dan pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Paulus melanjutkan, dalam rapat ini dihadirkan narasumber yakni dari Kejaksaan Negeri Sintang, Bupati Melawi, DPMD Provinsi Kalbar, Kapolres Melawi serta DPMD Melawi dan KPU Melawi.

Rapat Kerja Tahunan ini akan berlangsung selama enam hari dan dibagi dalam tiga gelombang. Pertama dari 2-3 Desember diikuti empat kecamatan yakni Nanga Pinoh, Belimbing, Belimbing Hulu dan Pinoh Selatan dengan total 54 desa.

Gelombang dua dari 5-6 Desember diikuti empat kecamatan yakni Pinoh Utara, Ella, Sayan dan Menukung sebanyak 75 desa.

“Gelombang 3 dari 11-12 Desember diikuti tiga kecamatan yakni Tanah Pinoh, Tanah Pinoh Barat dan Sokan dengan total 40 desa. Peserta terdiri dari kades, sekdes, kaur desa dan BPD. Total 8 orang setiap desa,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji mengingatkan seluruh jajaran pemerintahan desa untuk mampu menguasai teknologi informasi.

Didepan para perangkat desa dan BPD, Panji mengatakan mulai tahun ini e-budgeting dan e-planning wajib diperjuangkan sejak tahun ini. Dan pada 2021 hal tersebut wajib dilaksanakan.
Keberadaan e-budgeting dan e-plannning membuat pengelolaan program dan keuangan menjadi lebih transparan dan terbuka dan juga bisa mengawasi.

“Makanya teman teman kades, perencanaan akan menjadi tuan dan wasit serta hakim. Tak bisa lagi kita main main,” tegasnya.